Murung Raya, InfoPublik – Ada lima kecamatan di Kabupaten Murung Raya yang terkena dampak akibat dari luapan air Sungai Barito (7/5/2018).

Untuk kondisi saat ini debit air Sungai Barito sudah mulai surut, hari ini sebagian warga bergegas membersihkan sisa puing-puing sampah yang berserakan imbas terbawa oleh arus air, hingga masuk di halaman rumah warga.

Pemkab Murung Raya bersama unsur lainya dengan segera memberikan bantuan, berupa Beras Bolog melalui Dinas Sosial Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah. bantuan Beras itu kini telah tersalurkan untuk warga korban banjir di desa Danau Usung, Kecamatan Murung, yang langsung dibagikan oleh Aparat Desa Setempat.

“Setelah dua hari pasca banjir yang melanda lima kecamatan di kabupaten Murung Raya, Salah satu desa Danau Usung, hari ini nampaknya warga mulai beraktipitas, membersihkan sisa sampah yang berserakan akibat terbawa arus air akibat luapan air sungai Barito, kata Abdurahman, Pjs Kepala desa Danau Usung.

Dipaparkannya, yang dikategori termasuk ring 1 rawan banjir, seperti di dataran rendah yang terletak di pinggiran DAS Barito, yang mayoritas warga desa setempat, yaitu bertani, berkebun dan berternak, sekarang ini masih kebingungan karna kebun warga sudah tidak bisa lagi di panen karna rendaman banjir, tuturnya.

“Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa stempat, Abdurahman menghimbau, kepada seluruh warga di desa itu, kepada agar warga agar bisa mengambil bantuan beras bulog, sebagai bantuan pasca bencana banjir dari Pemkab Murung Raya melalui Dinsos Kabupaten Mura,” paparnya.

Penyaluran bantuan beras bolog sebanyak 1 Ton, terhitung 67 karung berat 15 Kg, untuk dibagikan kepada 155 kepala keluarga (KK) yang di terima oleh warga 7,5 Kg dalam 1 KK di desa, dibantu oleh aparat BPD desa setempat.

Pjs. Abdurahman mengatakan, bahwa bantuan beras bolog yang dari kantor Dinsos itu tiba kemaren sore, namun mengingat warga masih sibuk beres-beres sia poing-poing sampah yang terbawa arus masuk didalam rumah, maka pembagian bantuan ini kami lakukan hari ini, dan alhamdulilah bantuan itu cukup untuk bagikan secara merata, katanya saat di jumpai di kantor desa pada, Senin 7/5/2018 (MC_Murung Raya/vin/Tfq/Rfk/No/

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.