Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) memantapkan program peningkatan sumber daya manusia (SDM) di pedesaan pada 2019. Sesuai janji kepemimpinan Perdie – Rejikinnor saat menjadi kandidat calon bupati dan wakil bupati yaitu memprogramkan 1 desa 10 sarjana.

Terkait itu, Bupati Mura Drs Perdie MA menyampaikan bahwa pada tahun anggaran 2019, program tersebut akan dilaksanakan. Di tiap desa sudah disiapkan anggaran untuk memberikan beasiswa kuliah kepada 10 pemuda-pemudi di masing masing desa tersebut.

“Pemerintah mulai melaksanakan program 1 desa 10 sarjana tahun depan. Sudah dianggarkan di tiap desa sebesar Rp100 juta, dimana per orang yang mendapat beasiswa kuliah dialokasikan 10 juta,” tutur bupati, di Puruk Cahu, Rabu (19/12/2018).

Program tersebut, kata Bupati, dipandang penting untuk meningkatkan level kualitas pendidikan bagi para generasi muda di desa. Dengan demikian akan tumbuh pemuda berkualitas dan tentu berpendidikan sarjana untuk membangun desanya masing masing. Karena membangun daerah harus dimulai dari membangun kualitas mental dan pendidikan masyarakatnya, dan program 1 desa 10 sarjana tersbeut dipandang tepat untuk menjawab tugas tersebut.

Pemerintah, kata Bupati, berkomitmen untuk terus melaksanakan program tersebut dengan tetap mengalokasikan anggaran 100 juta per desa untuk beasiswa masyarakat atau generasi yang kuliah hingga lulus sarjana.

“Bisa dibayangkan, kalau program ini dilaksanakan, Mura empat tahun ke depan akan mampu mencetak 1.000 orang lebih sarjana yang berasal dari pemuda dan pemudi desa untuk kembali dan membangun desanya masing masing,” kata Perdie.

Para penerima beasiswa diutamakan pelajar berprestasi dan tidak mampu. Mereka akan dipilih langsung oleh desa masing-masing melalui musyawarah desa.

Sementara itu Kepala Desa Konut, Kecamatan Tanah Siang, Matius Dadang dikonfirmasi terpisah menyambut program satu desa 10 sarjana tersebut.

“Program ini sangat baik dan kami berikan apresiasi kepada Bupati Mura yang telah melaksanakannya, karena memang di desa kualitas pendidikan masih rendah, rata-rata hanya lulusan SMA. Namun dengan adanya program ini, tentu desa akan mampu mencetak sarjana berkualitas dan mampu membangun desa lebih baik ke depan” tuturnya.(Trs/m)

You May Also Like

Bupati dan Wakil Bupati Beserta Jajaran Tinjau Beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph, Wakil Bupati Rejekinor didampingi Ketua KPU…

Rejikinoor Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Halaman Kantor Bupati Murung Raya

Murung Raya, InfoPublik – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Mura diperingati…

Pemkab Murung Raya Gelar Pasar Ramadan

 Puruk Cahu – Pemkab Murung Raya menggelar Pasar Ramadan yang dibangun di Jalan Sengaji…

215 CPNS Murung Raya terima SK CPNS

Puruk Cahu, Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M. Yoseph menyerahkan Surat Keputusan…