Murung Raya, InfoPublik – Plt. Bupati Murung Raya H.Darmaji,SE, resmi membuka Festival Tandak Intan Kaharingan (F-TIK) Ke-IX Tingkat Kabupaten Murung Raya Tahun 2018. Selasa (22/05).

Pembukaan Festival Tandak Intan Kaharingan saat ditandai dengan pemukulan alat musik katambung dan penyerahan trofi piala bergilir kepada Ketua Panitia Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Kabupaten Murung Raya.

Plt. Bupati Murung Raya H.Darmaji,SE mengatakan, dirinya akan selalu siap mendukung semua kegiatan keagamaan yang ada di Kabupaten Murung Raya. “Kita harus selalu mendukung kegiatan keagamaan karena ini sangat penting dan kegiatan seperti ini merupakan salah satu pembangunan di bidang keagamaan,” katanya.

Menurut Plt. Bupati Murung Raya H.Darmaji,SE kegiatan Festival Tandak Intan Kaharingan adalah suatu kegiatan yang luar biasa, karena akan membuat yang mengikuti kegiatan ini lebih kuat iman dan takwanya.

Ia juga menerangkan akan terus melanjutkan pembangunan di berbagai bidang untuk kemajuan Kabupaten Murung Raya dan juga mengimbau seluruh masyarakat agar besama-sama mengikat erat tali silaturahim dan tali persaudaraan tanpa membedakan suku agama, ras dan golongan.

Jadi, mari satukan langkah dan pikiran untuk membangun Kabupaten Murung Raya agar lebih maju, rukun, dan mandiri dalam kesempatan itu, Plt. Bupati Murung Raya H.Darmaji,SE juga menyerahkan secara langsung buku keagamaan Agama Hindu Kaharingan kepada Majelis Resort Kaharingan.

Sementara itu, Sukaya selaku panitia, menjelaskan bahwa dalam festival ini ada lima jenis lomba seperti kendayu (kidung rohani) perorangan dan beregu, tandak (manandak), pembacaan kitab suci panturan dan terjemahan, penyampaian pandehen (siraman rohani), karungut yang bernafaskan agama Hindu Kaharingan. (MC_Murung Raya/selvin/Taufiq/Rafik/Nino)

Leave a Reply

Your email address will not be published.