Murung Raya, InfoPublik- Pasca diserbu massa ke wilayah PT Indomuro Kencana (IMK) di Murung Raya pada Senin (31/5/2018) malam Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Brigjen Anang Revandoko langsung turun mendatangi lokasi tambang emas tersebut.

Kapolda dan rombongan meninjau sejumlah lokasi di site tambang IMK, didampingi juga Plt.Bupati Murung raya H Darmaji dan para pimpinan manajemen perusahaan tersebut.

Usai melaksanakan rapat tertutup dengan jajaran pemerintah dan unsur pimpinan manejemen IMK, Kapolda Kalteng langsung menuju salah satu masjid di Desa Mangakui, selain melaksanakan salat juga bertatatap muka dan berdialog dengan para tokoh dan warga sekitar.

Dalam kesempatan itu Kapolda menyampaikan bahwa dirinya sengaja mengundang para tokoh masyarakat untuk bertatap muka dan berdialog terkait dengan kondisi yang terjadi di PT. IMK.

Dirinya mengatakan bahwa meyakini tidak ada orang yang senang dengan yang saat ini terjadi di IMK, karena akan menganggu stabilitas keamanan.“Ya dalam menyikapi segala hal, harus sabar dan jangan memaksakan kehendak, harus dikoordinasikan dan komunikasikan dengan baik apa yang menjadi keinginan dan harapan,” tuturnya.

Kapolda menyatakan memahami apa yang menjadi pemicu aksi warga yang terjadi di IMK setelah mendengarkan penjelasan dari para tokoh yang hadir. Namun tentu apa yang menjadi keinginan masyarakat memiliki batasan dan juga pihak IMK juga punya kewajiban mengakomodasi sepanjang itu memungkinkan.

Termasuk juga masalah penerimaan karyawan, Kapolda meminta adanya transparansi dalam hal rekrutmen karyawan, dan mengutamakan masyarakat lokal, sehingga konflik dengan warga sekitar bisa dihindari.

Sebenarnya pemicu utamanya adalah keinginan masyarakat untuk bisa mendapatkan jatah menambang di Luit Bawah yang masuk dalam areal tambang IMK, namun tidak dibolehkan, sehingga adanya aksi penerobosan secara paksa. Mudah-mudahan nanti ada solusinya sehingga hal serupa tidak terjadi lagi, tutur H Kasim, tokoh masyarakat Desa Mangkahui ketika itu.

Sementara itu, usai melaksanakan dialog dengan masyarakat, Kapolda juga melanjutkan dengan menggelar buka puasa bersama masyarakat Desa Mangkahui. (MC_Murung Raya/selvin/Taufiq/Rafik/Nino

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.