Puruk Cahu, InfoPublik – Tidak sia-sia Pemkab Murung Raya mendatangkan transmigrasi di Desa Bahitom Kecamatan Murung. Keberadaan warga di sana dinilai membantu kebutuhan pangan daerah ini dari hasil pertaniannya.

Keberadaan ratusan Kepala Keluarga (KK) Transmigrasi asal Jawa membuat kabupaten Murung Raya mulai bisa memenuhi kebutuhan pangan seperti sayur mayur.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Murung Raya Syahrial Pasaribu mengakui, kehadiran transmigrasi banyak memberikan manfaat.

Setidaknya, ujar Syahrial, kini sayur mayur hasil bercocok tanam para transmigrasi mulai dirasakan masyarakat.

“Sekarang ini hasil perkebunan sayur mayur para transmigrasi terus menghasilkan, bahkan para pedagang sayur di Puruk Cahu mengambil dari para transmigrasi untuk di jual kembali kepada masyarakat, selain itu sebagian dijual langsung, ” ujar Syahrial, Selasa (17/7).

Ia memuji hasil cocok tanam para transmigrasi cukup subur, itu katanya terbukti dari kondisi sayur yang di jual kepada masyarakat kondisinya sangat baik dan lebih segar.

Tentu, jelas Syahrial, warga transmigrasi kini telah menjadi masyarakat Mura, yang kebanyakan memiliki keterampilan bertani dan memang di lokasi trans disiapkan lahan untuk bertani.

Ke depan Pemerintah terus melakukan pembinaan agar warga trans bisa lebih berkarya dan membantu setidaknya memenuhi kebutuhan akan sayur mayur dan buah buahan masyarakat di Kota Puruk Cahu.(MC_Murung Raya/selvin/Taufiq/Rafik/Nino

Leave a Reply

Your email address will not be published.