Site icon Berita

Asisten II Setda Mura Ikuti Opening Ceremony Festival UMKM dan Pariwisata Kalteng

MC_Murung Raya – Bertempat di aula A kantor Bupati Murung Raya (Mura), Kamis (24/6/2021). Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Murung Raya Ferry Hardi serta didampingi perwakilan pihak terkait, secara virtual via zoom meeting mengikuti kegiatan Launching Website UMKM dan Pariwisata Digital Kalteng dan Penyerahan simbolis Program Sosial Bank Indonesia, dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan Opening Ceremony Festival UMKM dan Pariwisata Kalimantan Tengah Pesona Bumi Tambun Bungai,” tutur Plt. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Plt. Sekda Prov.Kalteng menyampaikan, Kalteng merupakan Provinsi terluas ke dua di Indonesia setelah Provinsi Papua, dengan luas satu setengah dari Pulau Jawa atau 153.564 Km² (kurang lebih 15,4 Juta Hektar) yang terdiri dari 13 Kabupaten dan 1 Kota, 136 Kecamatan, 139 Kelurahan dan 1.432 Desa, dengan jumlah penduduk 2,67 Juta Jiwa atau dengan sebaran 17 jiwa per kilo meter persegi. Jumlah UMKM Kalteng per 1 Juni 2021 adalah sebanyak 64.087 unit, yang terdiri dari usaha menengah sebanyak 309 unit, usaha kecil sebanyak 3.363 unit dan usaha mikro sebanyak 60.415 unit.

“Jumlah UMKM ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan semenjak munculnya wabah pandemi Covid-19, yang jumlah semula per Desember Tahun 2019 berjumlah 40.568 UMKM”, imbuhnya.

“Hal ini menunjukkan bahwa kebijakan ekonomi dan penerapan protokol kesehatan yang selama ini dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah, sinergi dan dukungan dari stakeholder Daerah, mampu menopang kinerja UMKM di tengah terpaan krisis dan memberikan kepastian dalam berusaha,” ucapnya.

H. Nuryakin juga menyampaikan bahwa sektor UMKM merupakan usaha yang sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat di Kateng ditengah pandemi Covid-19. Sebaran pelaku UMKM juga berada di tempat wisata yang ada di Kalteng, keterkaitan ini tidak mungkin terpisahkan bahwa keberadaan UMKM merupakan faktor pendukung untuk kemajuan Wilayah wisata dan sekitarnya.

Plt. Sekda menuturkan bahwa Pemprov. Kalteng bersama dengan Bank Indonesia Perwakilan Kalteng terus berupaya mendukung UMKM agar tidak saja bertahan tapi juga bangkit menjadi lebih kuat dan berinovasi untuk menggeliatkan kembali bisnis UMKM dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan ekonomi kreatif. Salah satunya mempromosikan produk lokal juga destinasi wisata bersama dengan pelaku UMKM disekitarnya.

H. Nuryakin berharap dengan adanya Website UMKM dan Pariwisata Digital Kalteng ini akan mempermudah pelaku UMKM terus mengembangkan usaha dan bisnisnya agar pertumbuhan ekonomi di Kalteng menjadi terus meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat terwujud sebagai salah satu upaya menuju Kalteng Semakin Berkah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kalteng Rihando serta pihak terkait lainnya. Hadir secara virtual sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, serta pihak terkait lainnya. (DiskominfoSP_Nof).

]]>
Exit mobile version