Site icon Berita

Bupati MURA: Semua Pelaku UMKM di Murung Raya, Didata dan Diusulkan Sebagai “Penerima Manfaat”

MC_Murung Raya: Pemerintah Kabupaten Murung Raya melalui Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian, Perdagangan salurkan bantuan permodalan UMKM bagi masyarakat Murung Raya.

Proses penyaluran bantuan disalurkan oleh mitra Pemerintah Murung Raya yakni Bank Kalteng Cabang Puruk Cahu yang diterima secara simbolis oleh warga Kecamatan Murung mewakili dari 810 orang penerima bantuan modal UMKM se-Murung Raya.

Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph yang didampingi Komisi III DPRD Murung Raya, Tafruji yang berlangsung dilaksanakan di halaman Kantor Bank Kalteng Cabang Puruk Cahu, Selasa (28/9/2021).

Dalam rangka penyerahan bantuan dana bagi pelaku UMKM 2021, Kadiskop dan UMKM, Perindustrian, Perdagangan Kab. Murung Raya, Nyarutono Tunjan menyampaikan bahwa bantuan ini bertujuan untuk mendukung perekonomian daerah Murung Raya.

“Dana yang disalurkan kepada masyarakat bersumber dari anggaran dana APBD TA 2021 sebanyak Rp. 810.000.000,- yang akan disalurkan melalui Bank Kalteng,” Terangnya

Setiap orang menerima Rp. 1.000.000,- perpelaku usama UMKM sebanyak 810 orang diseluruh Kabupaten Murung Raya.

Meskipun “ada 2 kecamatan yang tidak mengajukan bantuan terhadap penerima modal UMKM yakni Seribu Riam dan Uut Murung,”

Hal ini terkendala dengan biaya akses jalan yang jauh dan biaya transportasi yang mahal. Ungkapnya

Kabag pelayanan Bank Kalteng Cabang Puruk Cahu, Fransis Babu mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasamanya selama ini atas kepercayaan pemerintah dalam proses penyaluran bantuan modal UMKM ini. Ungkapnya

Iapun menjelaskan sebanyak dua kali Bank Kalteng sudah menyalurkan bantuan modal UMKM yakni pada tahun 2020 dan 2021.

Kami selaku “pihak Bank akan menyediakan loket pelayanan khusus untuk melayani masyarakat dengan memperketat prokes dalam proses penyaluran UMKM serta nantinya akan dibantu oleh kecamatan.” Jelasnya

Kerja keras dan upaya baik Bank Kalteng Cabang Puruk Cahu diapresiasi dan disambut baik oleh Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph.

Iapun berharap kedepannya kepada mitra pemerintah yakni Bank Kalteng agar bisa melayani bahkan jemput bola terhadap masyarakat yang terkendala melengkapi administrasi pembukuan rekening sebagai penerima manfaat bantuan modal UMKM ini.

“Supaya semua masyarakat sebagai pelaku usaha UMKM yang ada diseluruh kecamatan yang ada di kabupaten Murung Raya semuanya didata dan diusulkan sebagai penerima manfaat.” Tegasnya (MC_Diskominfosp:rfa).

Exit mobile version