Site icon Berita

Bupati Murung Raya, Lantik Anggota BPD Terpilih diwilayah Kecamatan Sumber Barito

MC_Murung Raya: Bupati Murung Raya lakukan kunjungan kerja di dua wilayah Kecamatan Permata Intan dan Sumber Barito dalam rangka pelantikan anggota BPD terpilih.

Acara pelantikan BPD berlangsung dilaksanakan di aula Kecamatan Sumber Barito secara serentak pada 8 (delapan) Desa yang bejumlah 44 Anggota BPD yang terpilih, Rabu (28/07/2021).

“Pemilihan BPD secara serentak di 8 (delapan) Desa berlangsung dilakasanakan pada tanggal 7 april 2021 yang berlangsung aman, damai dan kondusif,” Ungkap Camat Sumber Barito, Indra Wijaya.

44 Anggota BPD terpilih dari 8 Desa dilingkup Kecamatan Sumber Barito yakni terdiri 5 orang Kalepeh Baru, 7 orang Tumbang Masao , 5 orang Batu Makap, 5 orang Olong Liku, 5 orang Teluk Jolo, 5 orang Tumbang Mulut, 5 orang Laas Baru dan 7 orang Tumbang Tuan. Jelasnya

Ia juga menyampaikan “untuk mengenai pendidikan dilingkup kecamatan sumber barito dalam pelaksanaan belajar mengajar dilakukan secara tatap muka dengan proser Jam pembelajaran dikurangi dengan menperhatikan protokol kesehatan.

Ini kita lakukan “mengingat masih banyak wilayah desa lain yang terhubung dengan jaringan internet.” Tutupnya

Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph menyampaikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa menyebutkan Pemerintahan Desa adalah Kepala Desa bersama BPD yang disebut “Pemerintahan Desa” bukan “Pemerintah Desa” sebagai Pemerintahan Desa yang Otonom, Ungkapnya

“Jangan berpikir pendek saja, karena tugas BPD bukan untuk menyenangkan hati Kepala Desa melainkan wajib mengawasi dan mengontrol keuangan penggunaan anggaran dana desa.”

Ia juga menjelaskan Kekuatan BPD itu terletak pada kemampuan “check and balances”. BPD memiliki hak bertanya, konfirmasi mengenai pembangunan desa, terkait apa saja program yang sudah berjalan dan yang tidak dijalankan.

Melalui BPD diharapkan mampu meningkatkan SDM dan kreativitasnya untuk membangun desa yang mandiri dan sejahtera serta selalu ada di desanya untuk melayani masyarakat. Tegasnya (MC_Diskominfosp: rfa).

Exit mobile version