Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mura Gelar Bimtek Pengelolaan Kearsipan Sekolah

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

Murung Raya, InfoPublik – Pj Bupati Murung Raya Hermon melalui Plt Sekda Serampang berharap, melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan dan pengembangan SDM pengelolaan kearsipan sekolah lingkup Pemkab setempat dapat memberikan pemahaman kepada semua stakeholder dalam mempermudah pengelolaan arsip dinamis.

Menurutnya, arsip adalah catatan yang digunakan sebagai memori kolektif suatu lembaga atau institusi. Manajemen arsip di lembaga pendidikan sangat penting dan wajib dilakukan.

“Tujuannya adalah untuk menyatukan informasi, memudahkan akses dan penemuan kembali informasi, mengamankan arsip, serta meningkatkan pemanfaatan dan pendayagunaan arsip,” terangnya saat membuka Bimtek di aula gedung B kantor Bupati, Kamis (23/11/2023).

Selain itu, kinerja suatu lembaga pendidikan dapat dilihat dari arsip yang dimilikinya, dokumen administrasi dan akademis serta karya ilmiah yang harus dijaga keasliannya merupakan contoh arsip yang penting.

Oleh karena itu, harapannya ke depan lembaga pendidikan perlu membentuk unit kerja pengelola kearsipan, merekrut tenaga pengelola/arsiparis yang memiliki kompetensi di bidang kearsipan, serta meningkatkan kompetensi SDM pengelola kearsipan yang ada, karena arsip sangat penting bagi suatu lembaga pendidikan, maka perlu ada pengelolaan yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini bertujuan agar dokumen penting terpelihara dari kemungkinan hilang, rusak atau sulit ditemukan.

“Melalui kegiatan bimtek pada hari ini, adalah momentum penting bagi SDM kearsipan lembaga pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Murung Raya, untuk memaknai arsip sebagai pilar good and clean governance, sekaligus sebagai integrasi memory kolektif bangsa,” katanya.

Diharapkannya juga, melalui Bimtek bisa menjadi motivasi bagi pengelola arsip untuk melakukan pengelolaan dan penataan arsip yang baik dan prosedural. Sehingga dapat memberikan jaminan ketersediaan arsip yang autentik, terintegrasi dan terpercaya.

(DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *