Site icon Berita

Fenomena La Nina Kondisi Cuaca Tidak Menentu

MC_Murung Raya – Kalaksa BPBD Kabupaten Murung Raya Kariadi menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan posko induk khusus penanganan banjir yaitu berada di kantor BPBD Kabupaten Murung Raya.

“Kita dari BPBD Kab.Mura siap turun langsung ke lapangan, untuk melakukan piket mulai dari pemantau ketinggian banjir dan langkah penanganan membantu masyarakat mulai dari evakuasi bila tempatnya terendam dengan menurunkan perahu karet,” ujarnya mengikuti rakor penanganan banjir yang dipimpin Sekda Kab.Mura Hermon, bertempat di aula A kantor Bupati Murung Raya, Selasa (2/11/2021).

Kemudian dia juga mengatakan bahwa pihkanya sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kab.Mura untuk memberikan bantuan logistik, bantuan logistik ini diharapkan bisa meringankan beban warga yang terdampak banjir.

“Kita dari BPBD Kab.Mura ada delapan regu, satu regu terdiri dari enam orang, selalu bergantian melakukan piket ataupun pemantaaun debit air. Perahu karet akan disiapkan untuk membantu warga daerah-daerah yang membutuhkan, kita lakukan upaya itu supaya masyarakat bisa terbantu dan ringan”, terangnya.

“Fenomena La Nina, kondisi cuaca yang berubah-rubah/ tidak menentu ini terjadi hampir merata terjadi di wilayah Indonesia umumnya, jadi perlu kesiapsiagaan kita bersama stakeholder terkait.

Kami imbau warga yang tempat tinggalnya yang kerap terdampak banjir untuk waspada terhadap banjir,” pungkas Kariadi.

Sementara itu Sekda Kab.Mura Hermon dalam stressingnya mengatakan, perlunya penetapan posko banjir, penetapan personel sesuai kebutuhan di lapangan dan akan menyalurkan bantuan sosial berupa sembako yang akan diinventarisir kriteria yang menerima bantuan.

Sekda Hermon juga mengatakan bahwa pentingnya pemantauan dengan dukungan dari pihak kecamatan, agar Pemerintah Daerah tau apa saja yang dibutuhkan oleh warga yang terdampak banjir. (DiskominfoSP_Nof).

Exit mobile version