Site icon Berita

Forkopimda Mura Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

MC_Murung Raya – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Murung Raya (Mura) mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara diikuti secara virtual melalui video conference bertempat di aula gedung B Kantor Bupati Murung Raya, Selasa (1/6/2021).

Hadir dalam kesempatan ini Wakil Bupati Mura Rejikinoor, Dandim 1013/Mtw Letkol Kav Rinaldi Irawan, Wakapolres Mura Kompol Aries Gunawan, Sekda Mura Hermon, Asisten perekonomian dan pembangunan Setda Mura Ferry Hardi, Kepala Diskominfo SP Kab.Mura Bimo Santoso.

Sebagai informasi bahwa Menteri Dalam Negeri menginstruksikan kepada Gubernur, Bupati/Walikota untuk melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila melalui Virtual Reality. Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar terpusat di Gedung Pancasila.Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini mengusung Tema “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”.

Ist

Presiden Republik Indonesia (RI) bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila yang digelar di Gedung Pancasila. Peserta Upacara terdiri dari Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Staf Khusus Presiden dan Kepala Staf. Secara virtual dihadiri Gubernur, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi, Bupati/Walikota dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Dalam amanatnya, Presiden RI H. Joko Widodo menyampaikan peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Utamanya dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan. Pancasila menghadapi perkembangan global yang tidak serta-merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan,” tutur Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan dari Istana Kepresidenan Bogor.

“Perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antarpandangan, antarnilai dan antarideologi. Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi,” tutur Jokowi.

Dalam upacara, Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas membacakan naskah Pancasila, sedangkan Ketua DPR Puan Maharani membacakan naskah pembukaan UUD 1945.

Sementara itu, Usai mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor mengatakan, hari ini kita melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila, harapan kami dari kelima sila yang ada itu hendaknya generasi masa kini dan masa yang akan datang bisa untuk menerapkannya.

“Apabila diterapkan, maka ini akan merupakan menjadi pedoman kita hidup, dalam kita memperjuangkan apa yang menjadi cita-cita para pendahulu kita, karena generasi yang kuat apabila ideologinya kuat adalah Pancasila. Pancasila adalah segala-segalanya untuk falsafah kita untuk menjadi landasan Negara Republik Indonesia,” pungkas Rejikinoor saat diwawancarai awak media. (DiskominfoSP_Nof).

]]>
Exit mobile version