Site icon Berita

Forkopimda Mura ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

MC_Murung Raya – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Murung Raya (Mura) mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara diikuti secara virtual melalui video conference bertempat di aula A Kantor Bupati Murung Raya, Jumat (1/10/2021).

Hadir dalam kesempatan ini Wakil Bupati Mura Rejikinoor, Kapolres Mura AKBP I Gede Putu Widyana, Danramil 07/Puruk Cahu Lettu Inf M. Saroni, Sekda Mura Hermon, Asisten I Setda Mura Serampang, Asisten II Setda Mura Ferry Hardi, Asisten III Setda Mura Budi Susetyo, Kadis Kominfo SP Kab.Mura Bimo Santoso, Sekdis Pendidikan Kab.Mura Eberson.

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta. Pada kesempatan tersebut hadir pula Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang didampingi Ibu Wakil Presiden Wuri Ma’ruf Amin.

Mengawali upacara, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang pahlawan revolusi.

“Untuk mengenang jasa pahlawan dan pejuang bangsa, utamanya pahlawan-pahlawan revoluasi, mengheningkan cipta dimulai,” kata Jokowi.

Setelahnya, dilakukan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti. Kemudian dilakukan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Adapun Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah ikrar, “dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara,” tutur Puan.

Sementara itu Wabup Mura Rejikinoor menuturkan, kita berharap dengan ada peringatan ini nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila menjadi falsafah hidup kita bersama.

“Intinya bagaimana kita mempertahankan Pancasila sebagai ideologi Negara dan kita harus kompak dan tangguh, sebagaimana kita ketahui bersama tema hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 yaitu Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila,” pungkas Rejikinoor. (DiskominfoSP_Nof).

Exit mobile version