Site icon Berita

Hadiri Pembukaan Musrenbang RPJMD Provinsi Kalteng. Ini Yang Disampaikan Wabup Mura

MC_Murung Raya – Wakil Bupati (Wabup) Murung Raya (Mura) Rejikinoor menghadiri Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2021–2026. Kegiatan ini dihadiri secara virtual bertempat di aula A Kantor Bupati Murung Raya, Kamis (2/9/2021).

Hadir mendampingi Wabup Mura yakni Sekda Mura Hermon, Asisten Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Mura Sarampang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Mura Ferry Hardi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh jajaran terkait dari Dinas, Badan, Satuan lingkup Pemkab Mura yang diikuti secara virtual dari kantor masing-masing.

Wagub H. Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan tujuan digelarnya Musrenbang ini, sebagai salah satu upaya mewujudkan sinergisitas pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan di Prov. Kalteng untuk jangka waktu lima tahun mendatang. Musrenbang ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka penyusunan RPJMD Tahun 2021-2026.

RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026 diharapkan mampu memecahkan berbagai permasalahan dan isu strategis yang berkembang, serta menjadi arah dan panduan pembangunan lima tahun ke depan. Prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tetap pada bidang Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, dan Perekonomian dalam arti luas. Melalui pertemuan ini didapatkan masukan dan saran positif dari berbagai pihak guna penyempurnaan penyusunan RPJMD Tahun 2021-2026.

“Saya mengimbau kepada semua pemangku kepentingan yang hadir, agar menjadikan forum musrenbang ini sebagai wadah untuk membahas dan merencanakan arah dari pembangunan sesuai dengan target atau arah yang ditentukan dalam RPJMD”, pungkas Wagub.

Sementara itu dalam kesempatannya Wakil Bupati Mura Rejikinoor mengatakan, di dalam proses pembangunan, ada beberapa hal yang disampaikan untuk proses pembangunannya yang berdampak dengan asas keadilan ini perlu menjadi perhatian.

Wabup Rejikinoor menyampaikan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian bersama yakni jalan Puruk Cahu-Palangka Raya (Lewat Kurun), berkeinginan mendapat perhatian apa yang juga disampaikan oleh pak Willy Anggota DPR RI tadi adalah juga terkait jalan dan juga terkait listrik di Kab.Mura mudahan bisa diatasi kedepannya.

“Akses jalan dibeberapa titik yang rusak agar bisa diatasi sehingga salahsatunya perekonomian dan hal lainnya semakin tubuh dengan akses jalan yang lancar dan dengan listrik yang merata sampai ke desa-desa ini meningkatkan aspek positif lainnya, khususnya dalam rangka pengembangan wawasan,” ujarnya.

Rejikinoor juga meminta dukungan dari Pusat ataupun Provinsi terkait listrik di sejumlah desa, diketahui Kab.Mura ada berjumlah 116 desa yang berada terpencar di beberapa Kecamatan yang diantara desa masih belum ada listrik, tentunya listrik menjadi perhatian.

“Kami berharap listrik ini salahsatu menjadi proyek strategis Nasional di daerah, di Kecamatan Uut Murung Kabupaten Murung Raya kami ada mengusulkan kalau bisa pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro ini bisa menjadi proyek Nasional sehingga bisa menampung dan mampu mendukung penyaluran listrik khususnya di wilayah Mura,” ucap Rejikinoor. (DiskominfoSP_Nof)

Exit mobile version