Site icon Berita

Kabupaten Murung Raya Raih Tiga Penghargaan

MC-Murung Raya -Kita ketahui bersama hari Rabu, 25 November 2021 kemarin Presiden Joko Widodo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2021 secara virtual dari Istana Negara.
Dalam APBN Tahun 2021 sebagaimana termuat dalam halaman beranda kementrian Keuangan Republik Indonesia, pemerintah mengalokasikan belanja sebesar Rp.2.750 triliun, tumbuh 0,4% dibanding alokasi belanja TA 2020. Alokasi tersebut terdiri dari belanja K/L sebesar Rp.1.032 Triliun, dan TKDD sebesar Rp.795,5 triliun.
Menurut Presiden alokasi Belanja tersebut untuk pemulihan ekonomi dan prioritas pembangunan di berbagai bidang. “Kesehatan misalnya sebesar Rp.169,7 triliun, PendidikanRp.550 triliun, Infrastruktur Rp.417,4 Triliun, perlindungan sosial Rp.408,8 triiun, ketahanan pangan Rp.99 Triliun, pembangunan TIK Rp.26 triliun, dst” jelas presiden.

Menurut Presiden secara garis besar APBN Tahun 2021 difokuskan pada 4 hal. Pertama, penangnan covid, terutama vaksinasi. Kedua berkaitan dengan perlindungan sosial, terutama bagi kelompok yang kurang mampu dan rentan, ketiga, berkaitan dengan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terutama berkaitan dukungan terhadap UMKM dan dunia usaha dan keempat, untuk membangun pondasi yang lebih kuat. Pemerintah akan melakukan reformasi struktural baik di bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial dan lain-lain.


Acara Penyerahan DIPA di Provinsi Kalimantan Tengah dilaksanakan secara hybrid (Virtual dan secara langsung) berkenaan hal tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura) Hermon menghadiri secara langsung acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2021 di Palangkaraya, Kamis, 26 Nopember 2021.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan penghargaan bagi Pemkab/Kota, dan Pemkab Murung Raya mendapat 3 penghargaan sebagaimana disampaikan oleh Sekda Mura Hermon.
“Penghargaan pertama dari Pemerintah RI Kepada Pemerintah Kabupaten Murung Raya atas capaian Opini WTP 5 kali berturut-turut untuk laporan keuangan pemerintah daerah Tahun 2015 s/d 2019, kedua penghargaan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019 dengan capaian opini WTP dan ketiga penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Murung raya peringkat ke III (Kategori Pemda 100 desa ke atas) Penilaian atas Kinerja Penyaluran Dana Desa Tahun 2020 untuk Wilayah Provinsi Kalteng” terang Sekda.

Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph sangat mengapresiasi penghargaan yang diterima oleh Pemkab Mura “Penghargaan itu karena perjuangan dan kerjasama kita semua . Tetap kompak dan semangat . Berikan karya bhakti untuk Mura yang terbaik . Terima kasih atas dukungan dan ketulusan hati bekerja selama ini untuk melayani masyarakat” Ungkap Bupati Mura dua periode ini.

Proses penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) kementerian dan lembaga, serta daftar alokasi transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) APBN 2021 dilaksanakan lebih awal. (MC DiskominfoSP Mura)

]]>
Exit mobile version