Site icon Berita

Konsultasi Publik Penyusunan RDTR Kawasan Kota Puruk Cahu

MC_Murung Raya – Bertempat di aula rujab Bupati Murung Raya (Mura) dilaksanakan kegiatan Konsultasi Publik Ke 1 (KP-I) dalam rangka penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan KLHS kawasan perkotaan kota Puruk Cahu, Kamis (7/10/2021).

Berdasarkan surat Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah wilayah II nomor 132/um-200.12.PK04/01/IX/2021 tanggal 24 september, perihal pelaksanaan kegiatan analisis dan konsep RDTR OSS tahun 2021, maka dilaksanakan (KP-I) membahas pemetaan persfektif, konfirmasi struktur ruang dan pola RDTR, penampisan isu strategis pembangunan berkelanjutan dan penyepakatan isu pembangunan berkelanjutan strategis dan prioritas Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam rangka penyusunan RDTR kawasan perkotaan Puruk Cahu di Kabupaten Murung Raya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybird (tatap muka terbatas dan video conference), yang dihadiri oleh jajaran terkait dari Pemerintah Pusat serta jajaran terkait dari Pemerintah daerah Kabupaten Murung Raya.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kab.Mura yang diwakili Asisten II Bidang Administrasi Umum Budi Susetyo, Budi Susetyo menyampaikan, RDTR merupakan tonggak pembangunan berkelanjutan.

“Kegiatan bertujuan mengakomodir isu-isu strategis pengembangan kawasan perkotaan Kabupaten Murung Raya dan membangun komunikasi dua arah dalam penyerapan aspirasi dari stakeholder terkait, sehingga perencanaan yang disusun nantinya sesuai dinamika saat ini, sesuai karakteristik dan kearifan lokal Murung Raya.

Lanjutnya, “Oleh karena itu, sangat diperlukan RDTR yang merupakan rencana terperinci tata ruang yang dilengkapi dengan peraturan zonasi, sehingga dapat menjadi acuan dalam penataan ruang, terutama dalam proses perizinan dan kepastian investasi,” terangnya.

Menurutnya pelaksanaan bantuan teknis penyusunan RDTR dan KLHS tersebut sangat diharapkan untuk mempercepat penyusunan RDTR yang dapat mendukung OSS- RBA dan percepatan investasi di Kabupaten Murung Raya.

“Terima kasih kepada segenap jajaran Direktorat Jenderal Tata Ruang karena telah memilih Murung Raya sebagai lokus dalam kegiatan in,” tutur Asisten II Bidang Administrasi Umum Budi, ia juga berpesan agar dalam penyusunan RDTR tersebut dapat memperhatikan beberapa hal yaitu kesejahteraan masyarakat haruslah menjadi prioritas utama, lakukan terobosan dalam pelaksanaan dan penataan pembangunan daerah yang solutif dan humanis. (DiskominfoSP_Nof).

Exit mobile version