Site icon Berita

Musrenbang Wadah Perencanaan Dari Bawah

MC_Murung Raya – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Barito Tuhup Raya diselenggarakan di aula Kantor Kecamatan Barito Tuhup Raya (Batura), Kabupaten Murung Raya (Mura).

Hadir di Musrenbang tingkat Kecamatan Batura, Kepala Bappedalitbang Mura Pahala Budiawan, Kadis Kominfo SP Mura Bimo Santoso, anggota DPRD Mura Romiadi, Camat Batura Gunawan, para Lurah, Kades/Sekdes, Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD)/anggota, tokoh masyarakat, tokoh agama dan stakeholder terkait lainnya, Kamis (4/2/2021).

Dalam sambutannya Camat Batura Gunawan mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini didahului dengan Musrenbang tingkat desa. “Ada 11 Kepala Desa, Ketua BPD beserta anggota, kami berkumpul mulai tanggal 2 Februari 2021, untuk berkomunikasi, berdiskusi, rapat terkait usulan yang diperlukan,” ucapnya.

“Kami sudah melakukan perjalanan di sejumlah desa. Ada beberapa hal yang sudah kami dapatkan, mulai dari skala apa yang akan kami sampaikan di Musrenbang tingkat Kecamatan Batura. Dari desa memang banyak hak yang mereka sampaikan dan usulkan,” jelasnya.

Sambutan Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph diwakili Kepala Bappedalitbang Mura Pahala Budiawan menyampaikan, “Pelaksanaan Musrenbang untuk sinkronisasi dan harmonisasi usulan yang akan diselaraskan dengan tema pembangunan RPJMD tahun 2022 yaitu Penguatan Daya Saing Daerah dan Pengembangan Pedesaan Didukung Penguatan Manajemen Sumber Daya Aparatur, secara garis besar dijabarkan ke dalam dokumen Renstra perangkat daerah untuk menghasilkan rencana kerja Pemerintah daerah tahun 2022 yang berkualitas. Musrenbang Kecamatan merupakan wadah perencanaan dari bawah sekaligus proses untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di wilayah setempat,” ucap Pahala saat menyampaikan sambutan Bupati Mura.

Camat Batura juga mengatakan, ada sejumlah usulan prioritas di Musrenbang Kecamatan Batura diantaranya adalah proses/penyelesaian akses jalan menuju Makunjung-Muara Tuhup kurang lebih 9-11 Km.

“Dalam acara Musrenbang ini ada sejumlah usulan dari masyarakat, yang mana usulan tersebut akan menjadi catatan untuk diproses/dibahas dan diprioritaskan lebih lanjut lagi dengan stakeholder terkait agar tercapai hasil yang kita inginkan bersama,” tutur Pahala Budiawan.

Kepala Bappedalitbang Mura Pahala Budiawan juga menyampaikan, “Kami menyambut baik usulan-usulan masyarakat karena usulan ini sifatnya untuk kebaikan kita bersama, khususnya di Kecamatan Batura,” tutupnya. (DiskominfoSP_Nof).

]]>
Exit mobile version