Site icon Berita

Pemkab Gelar Rapat Roadmap Percepatan Pembangunan Kelistrikan Untuk Mura Terang

MC_Murung Raya – Bertempat di aula A Kantor Bupati Murung Raya (Mura), dilaksanakan rapat secara tatap muka dan virtual dalam rangka percepatan pembangunan kelistrikan khususnya di Murung Raya, maka diperlukan pembuatan roadmap pembangunan kelistrikan tahun 2021-2029 untuk Kecamatan/ Kelurahan/ Desa/ Dusun yang belum interkoneksi dengan jaringan listrik PLN di Kabupaten Murung Raya.

Rapat ini dipimpin langsung Sekretaris Daerah Murung Raya Hermon, didampingi Kepala PLN ULP Puruk Cahu Galih Wicaksono Triyogi, dihadiri juga jajaran terkait dari Dinas/ Badan/ Satuan lingkup Pemkab Mura, jajaran dari PLN ULP Puruk Cahu, para Camat serta diikuti secara virtual melalui zoom metting oleh Anggota DPR RI Willy M. Yoseph, Perwakilan Direktur Utama PT. PLN Persero melalui Manager UP2K PT. PLN Provinsi Kalteng Teguh Aang dan jajaran UP2K PT. PLN Kalteng, Selasa (27/4/2021) malam.

Sekda Murung Raya dalam paparannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Murung Raya melalui Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kab.Mura dan Instansi terkait mendukung program Kalteng Terang dan Mura Terang dalam rangka terwujudnya masyarakat Murung Raya yang sejahtera, khususnya sejahtera bidang energi berbasis pedesaan. Pemerintah Kabupaten Murung Raya melalui Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kab.Mura memberikan pelayanan konsultasi dan memfasilitasi usulan masyarakat desa, yang ditindaklanjuti dengan usulan pembangunan jaringan listrik PLN melalui surat Bupati Murung Raya kepada Direktur Utama PT. PLN (Persero) Pusat dan Manager UP2K PT. PLN Provinsi Kalimantan Tengah.

“Usulan pembangunan jaringan listrik PLN Desa dan Kelurahan diterima oleh pihak UP2K PT. PLN Provinsi Kalimantan Tengah dan permohonan kepada PT. PLN (Persero) Pusat dalam proses pengiriman. Sukses tidaknya realisasi usulan dimaksud sangat tergantung salah satunya dalam kondisi infrastruktur/ fasilitas jalan,” jelas Hermon.

Anggota DPR RI Willy M. Yoseph dalam arahannya mengatakan, agar realisasi Mura Terang dapat terwujud maka perlu dibuat roadmap target pembangunan ketenagalistrikan secara fokus, terencana dengan target yang lebih jelas dan terukur. “Roadmap ini tentu ada masih perlu perbaikan, saran dan masukan serta koreksi dari pihak terkait, baik pihak PUPR sebagai instansi yang membidangi perencanaan dan percepatan pembangunan jalan dan PT. PLN (Persero),” ucapnya.

Willy menambahkan, “Untuk perbaikan dan sempurnanya Roadmap target pembangunan ketenagalistrikan PLN Kabupaten Murung Raya periode 2021-2029 ini, petingnya keterlibatan dukungan data dari PT. PLN dan Dinas PUPR Kabupaten Murung Raya. Perlunya kita membuat terobosan-terobosan pembangunan kelistrikan, kita tau bahwa listrik salah satu untuk mensejahterakan, mencerdaskan, membahagiakan masyarakat, kita harus fokus dengan listrik. Insfrastruktur jalan menjadi sangat penting. Mendapat ilmu pengetahuan akan terbatas bila tidak ada listrik.

Sementara itu, Kepala PLN ULP Puruk Cahu Galih Wicaksono Triyogi mengatakan pihaknya mendukung apa yang menjadi target pembangunan ketenagalistrikan PLN Kabupaten Murung Raya periode 2021-2029.

Dalam rapat ini Manager UP2K PT. PLN Provinsi Kalteng Teguh Aang menyampaikan, PLN terbantukan dan lebih jelas bagi kita bagaimana roadmap pembangunan listrik di Mura,” bisa saya katakan, salah satu kendala di Mura adalah infrastruktur jalan dari dan ke Kecamatan/ Desa, kalau ada jalan maka itu lebih cepat ke suatu daerah otomatis daerah itu target percepatan pemasangan listrik,”ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Murung Raya akan terus berusaha semaksimal untuk mendukung Program Mura Terang. “Pemkab menyambut baik apa yang menajadi percepatan pembangunan kelistrikan di Murung Raya, melalui diskusi ini dan diskusi kedepannya itu kita akan pilih pilihan yang tepat terkait jaringan kelistrikan untuk digunakan dalam rangka membangun kelistrikan, kami menyampaikan terima kasih untuk saran masukan semuanya untuk kebaikan kita bersama dalam memajukan khususnya kelistrikan di Murung Raya yang kita Cintai ini,” ucap Hermon. (DiskominfoSP_Nof).

]]>
Exit mobile version