Site icon Berita

Pemkab Mura Hadiri Rakornas: Percepat Penurunan stunting, Wapres Minta Rencana Aksi Nasional Segera Disusun

MC_Murung Raya: Dalam rangka membangun komitmen bersama dan meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan konvergensi penurunan stunting, Pemerintah Kabupaten Murung Raya hadiri langsung secara virtual pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) “Bergerak Bersama Untuk Percepatan Penurunan Stunting” yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya, Hermon yang didampingi oleh Asissten III Bidang Administrasi Umum, H. Budi Susetyo beserta OPD terkait hadiri pembukaan Rakornas virtual zoom meeting di Aula Setda Gedung A Lt. II Kantor Bupati Murung Raya Jl. Letjend Soeprapto No. 01 Puruk Cahu, Senin (23/08/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya, Hermon menyampaikan acara rakornas ini berlangsung dilaksanakan selama 2 hari yakni pada tanggal 23 sampai dengan 24 Agustus 2021. Tuturnya

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH. Ma’aruf Amin mengungkapkan selama tujuh tahun terakhir, pemerintah telah berhasil menurunkan prevalensi stunting di Indonesia dari 37,2 persen pada 2013 menjadi 27,7 persen pada 2019. Ucapnya

“Saat ini, pemerintah tengah berupaya mencapai target prevalensi stunting 14 persen pada akhir 2024,”

Untuk mencapai target tersebut, KH. Ma’ruf Amin meminta berbagai pihak yang terkait agar segera menyusun Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting. Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, dengan bertumpu pada 5 pilar, yaitu Komitmen Politik dan Kepimpinan Nasional dan Daerah; Kampanye Nasional dan Komunikasi Perubahan Perilaku; Konvergensi Program Pusat, Daerah dan Masyarakat; Ketahanan Pangan dan Gizi; serta Monotoring dan Evaluasi.

“Pada kesempatan ini, saya meminta agar Rencana Aksi Nasional tersebut segera disusun dengan mengacu pada 5 pilar utama tersebut,” Pinta Wapres saat membuka Rakornas Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2021 di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 02 Jakarta Pusat.

Terakhir, Wapres menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para Bupati/Walikota yang pada Rakornas ini menyatakan komitmennya untuk melakukan percepatan penurunan stunting di wilayahnya.

“Komitmen saudara-saudara sangatlah diperlukan, karena dengan komitmen yang kuat dari kepala daerah, menjadikan penurunan stunting sebagai prioritas sehingga semua sumber daya yang diperlukan dapat dimobilisasi untuk penurunan stunting.” Pungkasnya (MC_Diskominfosp:rfa).

Exit mobile version