Site icon Berita

Pemkab Mura Ikuti Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga Nusantara Bergerak

MC_Murung Raya – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melalui Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Murung Raya H. Budi Susetyo mengikuti apel siaga Tim Pendamping Keluarga (TPK) Nusantara bergerak secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia, Kamis (12/5/2022).

Kegiatan tersebut diikuti secara virtual bertempat di aula A kantor Bupati Mura, hadir juga dalam kesempatan ini Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk KBP3A) Kab.Mura Daniel Patandianan, perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Wakil Ketua I TP-PKK Kab.Mura Melsi Hermon, Camat Murung Fitrianul Fahriman, sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait lingkup Pemkab Mura dan sejumlah Tim Pendamping Keluarga desa yang ada di Mura.

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan kegiatan penyerahan data sasaran keluarga berisiko stunting oleh Kepala BKKBN kepada perwakilan TPK yang diikuti oleh seluruh Kab/Kota. Kesempatan yang sama Pemkab Mura melalui Asisten III Setda Mura didampingi Sekretaris Disdalduk KBP3A dan perwakilan BKKBN Prov.Kalteng menyerahkan data sasaran keluarga berisiko stunting kepada perwakilan TPK dan menyerahan makanan tambahan berupa susu formula untuk ibu hamil secara simbolis.

Apel siaga Tim Pendamping Keluarga Nusantara berlangsung terpusat di Subang, apel tersebut dihadiri langsung Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Alun-alun Subang.

Dalam laporannya, Deputi APDIN BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso, menyebut jika apel siaga ini untuk menumbuhkan semangat pada pendamping khususnya pada pendamping keluarga.

“Apel ini dihadiri oleh 514 Kabupaten dan Kota di Indonesia ini serta 600 ribu kader, yang siap berkomitmen untuk mensukseskan pencegahan stunting di Indonesia,” tuturnya.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menyebut jika slah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. “Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global,” pungkasnya.

Sementara usai mengikuti kegiatan, Sekdis Disdalduk KBP3A Kab.Mura Daniel Patandianan menyampaikan, sangat berterima kasih kepada Asisten III Setda Mura dan tamu undangan peserta apel yang hadir.

“Sebagaimana kita sudah mendengar arahan dari kegiatan tadi bagaimana di daerah agar memperkuat berkerja bersama dalam penurunan stunting, tentu kita akan bekerja lebih optimal lagi dalam menyukseskan program dari Pemerintah,” ungkapnya. (DiskominfoSP_Nof).

Exit mobile version