Site icon Berita

Pemkab Mura Ikuti Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD Oleh Presiden RI

MC_Murung Raya – Bertempat di aula A Kantor Bupati Murung Raya, Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) mengikuti penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2022, hadir Wakil Bupati Mura Rejikinoor, Asisten I Setda Kab.Mura Sarampang, Asisten III Setda Kab.Mura H.Budi Susetyo dan pegawai terkait lainnya, Senin (29/11/2021).

Penyerahan ini dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara simbolis kepada Pemerintah Daerah se- Indonesia dan seluruh Kementerian dan Lembaga melalui virtual meeting.

Presiden RI Joko Widodo mengingatkan bahwa pandemi covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Oleh karena itu, saya meminta semua masyarakat agar tetap waspada. Karena Pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman nyata pada tahun depan. Untuk itu dirinya meminta agar semua pihak mempersiapkan antisipasi dan mitigasi sedini mungkin.

Joko Widodo mengatakan APBN Tahun 2022 memiliki peran sentral. APBN Tahun 2022 juga harus mendorong kebangkitan ekonomi nasional dan mendukung reformasi struktural.

“Sebagai presidensi G20, kita harus menunjukkan kemampuan kita dalam menghadapi perubahan iklim terutama dalam pengurangan emisi dan gerakan perbaikan lingkungan secara berkelanjutan. Kita harus menunjukkan aksi nyata, komitmen kita pada green dan sustainable economy,” tuturnya.

Jokowi mengingatkan agar fokus pada enam kebijakan utama. Pertama, melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan. Kedua, menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu dan rentan. Ketiga, peningkatan SDM yang unggul. Keempat, melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi. Kelima, penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antardaerah. Terakhir, melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero-bbased budgeting agar belanja lebih efisien. (DiskominfoSP_Nof).

Exit mobile version