Site icon Berita

Pemkab Mura secara virtual mengikuti Musrenbang tingkat Provinsi Kalteng

MC_Murung Raya – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2021, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalteng Tahun 2022, berlangsung di Aula Jaya Tingang, dipimpin langsung Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng, didampingi Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng Yuren S. Bahat dan sejumlah pejabat terkait lainnya, dihadiri juga secara virtual oleh, perwakilan dari Kementrian terkait serta sejumlah Anggota DPR RI dan DPD RI, Kamis (8/4/2021).

Bertempat di aula A kantor Bupati Murung Raya (Mura) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya mengikuti Musrenbang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah secara virtual, hadir Asisten Administrasi Umum Setda Kab.Mura, Budi Susetyo didampingi perwakilan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Mura, Kepala Dinas Kesehatan Suria Siri, Plt. Inspektur Rudy Roy, Plt. Kepala BPKAD Ernawati, mewakili Kalaksa BPBD Mura. Hadir juga di tempat berbeda di kantor masing-masing sejumlah Kepala Dinas/Badan/ Satuan OPD lingkup Pemkab Mura.

Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng Yuren S. Bahat dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan maksud penyelenggaraan Musrenbang ini adalah untuk penajaman, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD tahun 2022, tujuan penyelenggaran yang pertama dalam menyepakati permasalahan Pembangunan Daerah, yang kedua penyelarasan program dan kegiatan, ketiga adalah klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Provinsi dengan program dan kegiatan Kabupaten/Kota yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kabupaten/ Kota.

“Output yang kita harapkan adalah prioritas pembangunan daerah dan kegiatan yang disertai indikator dan target kinerja dan kebutuhan pendanaan untuk program dan kegiatan yang belum diakomodir, untuk bersinergi hal-hal yang kita bahas,” ucap Yuren.

Dalam sambutannya Sekda Provinsi Kalteng mengatakan,” Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan yang juga mengikuti secara online melalui video conference diharapkan tidak mengurangi tujuan dan makna dalam Musrenbang tingkat Provinsi ini sebagai salah satu upaya mewujudkan pelaksanaan tugas Pemerintahan dan pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah,”jelasnya.

Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng menyampaikan Musrenbang Tingkat Provinsi ini sebagai salah satu upaya mewujudkan sinergitas pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan di Prov. Kalteng. Fahrizal Fitri mengatakan pembangunan Kalteng Tahun 2022 merupakan Tahun peralihan Periode RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2016-2021 dengan RPJMD Tahun 2021-2026. “Perencanaan Pembangunan Tahun 2022 akan menjadi tahun awal dalam menentukan perencanaan pembangunan untuk 5 tahun ke depan”, ucap Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri mengutarakan tema RKPD Tahun 2022 adalah “Stabilitas Ekonomi dengan Penguatan SDM yang Berdaya Saing”, dengan prioritas pembangunan tetap pada bidang Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, dan Perekonomian dalam arti luas yang diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Daerah. Fahrizal Fitri menjelaskan sebagaimana diketahui, akibat pengaruh Pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Kalteng pada tahun 2020 adalah minus 1,40 persen. Meski demikian, Pertumbuhan Ekonomi Prov. Kalteng masih lebih baik dibandingkan Nasional yang sebesar minus 2,07 persen. Selain itu, Angka Kemiskinan 5,26 persen lebih baik dari Nasional sebesar 10,19 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2020 sebesar 71,05. Dan, Gini Ratio 0,320 lebih baik dibandingkan Nasional sebesar 0,382.

“Sebagai bagian dari proses partisipatif untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas, sinergitas pembangunan mutlak dilakukan, agar hasil pembangunan dapat lebih maksimal dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”ungkap Fahrizal Fitri. (DiskominfoSP_Nof).

]]>
Exit mobile version