Site icon Berita

Pemkab Murung Raya Menyambut Baik Rakor RAB Pilkada 2024

MC_Murung Raya: Pemerintah Kabupaten Murung Raya menyambut baik agenda rapat koordinasi (rakor) dalam rangka pembahasan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pemilihan Kapala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Murung Raya pada tahun 2024.

Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya yang didampingi oleh Asissten III Bidang Administrasi Umum, Kepala Bappenda dan BPKAD Murung Raya hadir langsung dalam agenda rapat koordinasi bersama Ketua KPU Kabupaten Murung Raya yang berlangsung dilaksanakan di Aula A Setda Lt. II Kantor Bupati Murung Raya Jl. Letjend Soeprapto No. 1 Puruk Cahu, Selasa (9/11/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya, Hermon menyampaikan “Melalui agenda rakor RAB Pilkada 2024, kita sudah mengetahui dan mendapat gambaran jumlah nominal yang diperlukan yakni sebesar Rp30 Milyar lebih,”

Dari anggaran itu kedepannya, diperioritaskan segi penguatan biaya sosialisasi dan petugas verifikasi pemuktahiran data pemilih yang akurat dan akuntabel.

Sebagai catatan dan menjadi perhatian kita bersama menyangkut DPT harus dilakukan dari awal-awal ini untuk berkaloborasi, koordinasi dan sinkronisasi dengan instansi terkait,” Ucapnya

“Sebab DPT ialah muara dari pilkada dan pemilu yang dianggap sebagai pemilu persentatif yang mampu meningkatkan partisipasi penggunaan hak pilih politiknya khususnya di wilayah kita (Murung Raya).”

Mengenai petugas lapangan ditingkat desa harus dikaji ulang, bukan hanya dari desa sekedar ditunjuk. Tetapi harus dilakukan evaluasi yang bisa bekerja itulah yang layak dipertahankan.

Masing-masing item yang disampaikan cukup detil sebagai bahan pertimbangan untuk disampaikan pada KPU tingkat provinsi, angka inipun dikatakan wajar saja mengingat biaya Pilkada pada tahun 2018 sebesar Rp23 Milyar.

“Untuk sementara saat ini biaya Pilkada 2024 masih belum kita finalkan, tetapi bisa dijadikan acuan biaya anggaran yang dibutuhkan.” Tuturnya

Hal selaraspun disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Murung Raya, Sanjaya menuturkan hasil rapat koordinasi ini nantinya akan dijadikan bahan pada saat acara rapimnas (rapat pimpinan nasional) di Bandung Mendatang.

“Untuk pelaksanaan Pilkada kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan Novembet 2024, untuk kepastian lebih lanjutnya kita juga masih menunggu keputusan dari pusat.” Terangnya

Untuk sosialisasi pilkada 2024, Pihak kami (KPU Kabupaten Murung Raya) akan membentuk relawan demokrasi disetiap 10 kecamatan yang nanti akan membantu mensukseskan dan mensosialisasikan pemilihan kepala daerah. Tutur Sanjaya (MC_Diskominfosp:rfa).

Exit mobile version