Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Pemkab Murung Raya Tingkatkan Kemampuan SDM Satpol PP, Damkar, dan Satpam

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

Murung Raya, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura), melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) melaksanakan pelatihan dasar dan pembaretan terhadap ratusan anggotanya.

Ratusan peserta dari Satpol PP sebanyak 156 orang, 10 orang petugas Damkar dan ditambah 12 satuan pengamanan (Satpam) dari beberapa Perangkat Daerah lingkup Pemkab Mura.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Murung Raya, K.Zen Wahyu menyampaikan, pelatihan tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) anggota Satpol PP dan Damkar serta Satpam yang ada di Kabupaten Murung Raya.

Untuk pelatih atau narasumber, sebut Zen Wahyu, selain dari pihaknya sendiri juga dibantu aparat TNI Polri dan kegiatan sendiri dilaksanakan selama empat hari.

“Kurikulum pelatihan meliputi pengawalan pejabat, tindak pidana ringan, peran serta fungsi Satpol PP, pelatihan Dalmas dan penanggulangan huru-hara,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Sekda Murung Raya, Serampang meminta kepada seluruh peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan pelatihan sampai selesai, sehingga dapat memahami, mengetahui dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara benar, profesional, proporsional, serta humanis yang memegang teguh dan menjunjung tinggi nilai-nilai Hak Asasi Manusia.

“Saya juga meminta agar Satpol PP dan Damkar dalam menjalankan tugas tidak mengutamakan atau mengedepankan kekerasan dalam menegakkan peraturan di daerah, akan tetapi ajak masyarakat berdialog, berikan pemahaman kepada masyarakat yang belum paham akan peraturan, UU atau Perda baik itu provinsi, kabupaten/kota,” jelas Serampang. (DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *