Site icon Berita

Pendataan Keluarga Capai 100 Persen, Pemkab Mura Raih Penghargaan Dari BKKBN

MC_Murung Raya – Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M. Yoseph menerima penghargaan dari Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), atas kerjasamanya dalam pelaksanaan Pendataan Keluarga tahun 2021(PK 21).

Piagam penghargaan Pendataan Keluarga 2021 dengan pencapaian 100 persen target Kepala Keluarga (KK) terdata, tepat waktu pada tanggal 1 april – 20 juni 2021. Dengan pencapaian 100% dari target 28.442 KK.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Kalteng Muhammad Irzal diterima Bupati Mura Perdie M. Yoseph didampingi Kepala DP3A DALDUKKB Kab.Mura Lynda Kristiane, bertempat di rumah jabatan Bupati Mura, Senin (18/10/2021).

Usai menyerahkan piagam penghargaan dan plakat, Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Kalteng Muhammad Irzal mengatakan, ia dan jajarannya kunjungan kerja dan silahturahmi ke Kab.Mura sekaligus rangkaian fasilitasi Pengelolaan mekanisme Operasional lini lingkungan dalam rangka pembinaan penyuluh KB tahun 2021, yang dilaksanakan di kantor DP3A DALDUKKB Kab.Mura.

Muhammad Irzal juga menyampaikan “Murung Raya mendapat predikat terbaik 100 persen dalam Pendataan Keluarga 2021, dari target yang ditetapkan oleh BKKBN sebanyak 28.442 KK dan semuanya itu terdata serta Kabupaten Murung Raya tidak ada pengurangan, walaupun kita tau topografi sejumlah desa di Murung Raya yang jarak tempuhnya lumayan jauh dari ibukota Kabupaten dengan mengingat waktu juga terbatas,” ucap Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Kalteng Muhammad Irzal.

“Data ini adalah terdiri dari data mikronya BKKBN yang punya by name, by address artinya satu KK itu kita akan melihat yang pertama demografi diantaranya tingkat pendidikan, pekerjaan, yang kedua data keluarga berencana, ketiga adalah data pembangunan keluarga,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph menuturkan atas nama masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Murung Raya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas penilaian secara objektif yang dilakukan selama ini oleh tim terpadu dari Perwakilan BKKBN Prov.Kalteng berkenaan dengan keberhasilan kami semua pihak/ stakeholder dalam rangka pendataan keluarga tahun 2021, yang mana dikatakan tadi telah mencapai target 100% yaitu 28.442 KK se-Kabupaten Murung Raya.

“Ini bisa tercapai karena sinergi, kesadaran yang tinggi dari masyarakat dalam bentuk kepala keluarga pada saat pendataan difasilitasi DP3A DALDUKKB Kab.Mura Ibu Lynda Kristiani Perdie yang juga Ketua TP-PKK Kab.Mura dibantu juga oleh unsur Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kelurahan/desa se-Kab.Mura, yang artinya capaian ini tidak bisa berdiri sendiri tetapi karena kerjasama dan gotong royong”.

Lanjutnya, “Kita melihat dan menilai serta mengidentifikasi bahwa data hasil pendataan keluarga ini juga bisa kita manfaatkan, bagaimana Pemerintah daerah mengolah, mengidentifikasi dari data mikro itu menjadi makro, formulasi dan implementasinya adalah untuk perencanaan, kebijakan, skala prioritas pembangunan, khususnya kualitas sumber daya manusia yang ada di Murung Raya yang kita cintai,” pungkasnya. (DiskominfoSP_Nof).

Exit mobile version