Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Pj Bupati Mura Serahkan 1.600 Bibit Tanaman Cabai untuk Petani

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

Murung Raya, InfoPublik – Penjabat (Pj) Bupati Murung Raya (Mura), Hermon secara simbolis melakukan penyerahan 1.600 bibit tanaman cabai kepada petani di Murung Raya. Penyerahan dilakukan saat acara Gerakan Tanam Cabai di Desa Danau Usung, Sabtu (3/2/2024).

Hermon mengungkapkan, pertanian mempunyai peranan penting dan sangat strategis dalam mendukung perekonomian Nasional, terutama mewujudkan ketahanan pangan, peningkatan daya saing, penyerapan tenaga kerja dan penanggulangan kemiskinan.

Melalui kegiatan pembagian tersebut, Hermon berharap dapat menciptakan ketahanan pangan yang lebih baik, meningkatkan pendapatan petani dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Penyerahan sebanyak 1.600 tanaman cabai bukan hanya sekadar simbolisasi, tetapi juga sebagai bentuk komitmen bersama untuk mendukung produksi pertanian sebagai salah satu sektor yang sangat penting,” kata Hermon.

Di tempat yang sama Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kab.Mura, Reyzal Samat menyampaikan, berdasarkan laporan data ada sekitar 159 orang Petani yang tersebar di beberapa Desa di Kabupaten Murung Raya yaitu Desa Bahitom, Desa Danau Usung, Desa Muara Bumban, Kelurahan Puruk Cahu Seberang, Desa Datah Kotou, Desa Batu Tuhup, Kelurahan Muara Tuhup, Kelurahan Saripoi, Kelurahan Tumbang Kunyi, Desa Makunjung dan Desa Tumbang Olong II yang lahan usaha pertaniannya rusak akibat terdampak banjir akhir Januari 2024 lalu.

Dikatannya, hal ini menjadi salah satu alasan dasar Dinas Pertanian dan Perikanan mengadakan kegiatan Program Gerakan Menanam Cabe ini dengan membagikan 1.600 bibit cabai bagi petani, masyarakat dan PKK Kabupaten, Kecamatan, Desa guna meningkatkan produksi cabai serta menekan harga cabai yang melambung tinggi setelah bencana banjir yang baru saja melanda Kabupaten Murung Raya.

“Ada lima Kecamatan yang difokuskan pada pembagian bibit cabai ini yaitu Kecamatan Murung, Kecamatan Laung Tuhup, Kecamatan Tanah Siang, Kecamatan Tanah Siang Selatan dan Kecamatan Permata Intan,” pungkas Reyzal Samat.

(DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *