Site icon Berita

Secara Virtual, Satgas Covid-19 Kab.Mura Mengikuti Rapat Evaluasi PPKM Mikro di 34 Provinsi

MC_Murung Raya – Bertempat di aula A Kantor Bupati Murung Raya, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Murung Raya (Mura) secara virtual mengikuti rapat evaluasi perkembangan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di 34 Provinsi/se-Indonesia, Senin (14/6/2021) malam. Hadir mengikuti kegiatan tersebut Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor, Sekda Murung Raya Hermon, perwakilan dari Koramil 1013-07/Puruk Cahu, perwakilan dari Polres Murung Raya, Kalaksa BPBD Kab.Mura Kariadi, Kasatpol PP Kab.Mura Iskandar, Kabid Pengelolan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo SP Kab.Mura Tenny Puspitasari.

Rapat dipimpin secara langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, diikuti Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian serta pihak terkait lainnya.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam arahannya menyampaikan sesuai arahan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, terkait PPKM Mikro, mulai tanggal 15-28 Juni 2021 untuk Daerah zona merah agar pengambilan keputusan bisa dilakukan secara cepat dan bisa dilakukan penebalan PPKM di wilayah-wilayah merah. “Terkait PPKM Mikro, tanggal 15-28 Juni untuk di Daerah merah seperti Madura agar dilakukan penebalan dengan koordinasi TNI/Polri dari Dandim dan Kapolres mengkoordinasikan PPKM, pengambilan keputusan bisa dilakukan secara cepat dan bisa dilakukan penebalan PPKM dan di wilayah-wilayah merah bisa diisolasi”, tutur Airlangga Hartarto.

Airlangga Hartarto mengatakan terkait PPKM Mikro ini perlu dibuatkan Instruksi Mendagri. Pada kesempatan tersebut, Airlangga Hartarto mengutarakan, sesuai instruksi Presiden berdasarkan Tren kenaikan kasus maka perlu dilakukan peningkatan kapasitas tempat tidur diseluruh rumah sakit ditingkatkan 40 persen, khususnya Kabupaten/Kota dengan zonasi merah dan bed occupancy rate (BOR) diatas 60 persen. “Sesuai arahan Bapak Presiden berdasarkan Tren kenaikan kasus maka perlu dilakukan peningkatan kapasitas tempat tidur diseluruh rumah sakit ditingkatkan 40 persen terutama untuk Kabupaten/Kota dengan zonasi merah dan BOR diatas 60 persen. Bagi Daerah yang merah perlu di siapkan tempat tidur di Rumah Sakit Kabupaten/Kota terdekat ataupun di Ibukota Provinsi” imbuhnya.

Airlangga Hartanto menginstruksi Kepala Daerah agar penyiapan hotel untuk isolasi diharapkan bisa disiapkan. Hal lainnya yang disampaikan Airlangga Hartanto, terkait percepatan pelaksanaan vaksinasi, akselerasi pelaksanaan vaksinasi untuk Kabupaten/Kota dengan zona tinggi risiko merah, sesuai arahan Presiden target vaksinasi adalah 1 Juta perhari di Bulan Juli.

“Untuk Bupati/Walikota agar trennya dikendalikan agar tidak mengganggu pemulihan ekonomi dan diperlukan kekuatan kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Daerah terutama penebalan dari PPKM Mikro, terus diperpanjang sambil dilakukan evaluasi”, tandas Airlangga Hartanto.

Sementara itu, usai mengikuti zoom meeting, Sekda Hermon menyampaikan Satgas Covid-19 Kab.Mura dan unsur terkait berkerjasama terkait percepatan vaksinisasi, khususnya vaksinisasi lansia.

Wabup Rejikinoor juga menyampaikan, pada hari ini kita telah sama-sama mendengarkan arahan dari Kementrian, dari Panglima TNI, Kapolri, Jaksa dan tadi siang kita juga mendengar arahan dari Wakapolri.

“Tentu kita dan Pemda se-Indonesia diingatkan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19, kegiatan vaksinasi, kemampuan kita dalam hal vaksinasi untuk lansia dan juga untuk masyarakat umum,” ujar Rejikinoor.

Rejikinoor menambahkan, “PPKM ini adalah upaya kita meningkatkan kembali dalam pencegahan Covid-19. Mengenai hal-hal lain di lapangan, target kita berkerja saat ini sudah cukup baik menurut kami, oleh sebab itu kami minta kepada seluruh kita baik yang diarahkan oleh Pemerintahan, tidak lain bentuk ikhtiar kita dalam penangananan dan pencegahan Covid-19”. (DiskominfoSP_Nof).
]]>
Exit mobile version