Site icon Berita

Sekda Pimpin Rapat Evaluasi Kawasan Transmigrasi

MC_Murung Raya – Bertempat di aula A Kantor Bupati Murung Raya, Jl. Letjend. Soeprapto, Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya, Sekretaris Daerah (Sekda) Hermon memimpin rapat evaluasi pembinaan dan pengembangan kawasan Transmigrasi di Kabupaten Murung Raya, Rabu (19/5/2021).

Dalam pengantarnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Murung Raya, H. Pajarudinnoor menyampaikan permasalahan yang dihadapi seperti transmigran mengundurkan diri, meninggalkan/menelantarkan rumah/lahan selama dua bulan berturut-turut, memperjualbelikan atau mengalihkan hak atas, rumah, lahan pekarangan, lahan usaha dan asset produksi yang diberikan pemerintah kepada pihak lain. “Sehingga melalaikan kewajiban sebagai transmigran sebagaimana diatur dalam Undang-undang RI nomor 15 Tahun 1997 tentang Ketransmigrasian,” jelas Pajar.

Selain hal tersebut jelas Pajar, permasalahan yang dihadapi adalah jalan utama menuju wilayah transmigrasi termasuk jalan lingkungan rusak berat, tidak ada sarana air bersih, bahkan ada lahan warga yang masuk kawasan hutan. Bahkan lahan warga transmigrasi diokupasi warga lokal.

“Masyarakat transmigrasi terkendala pemasaran hasil pertanian, sehingga masyarakat banyak yang beralih profesi sebagai buruh bangunan, tukang ojek dll,” ujarnya.

Selanjutnya ungkap Pajarudinnoor upaya yang dilakukan adalah membuat usulan pemeliharaan jalan utama maupun jalan lingkungan di wilayah transmigrasi, mengusulkan ke Kementrian Kehutanan untuk melepas kawasan hutan, “Kami akan memfasilitasi dengan menawarkan hasil dari petani transmigran ke perusahaan yang ada di Murung Raya,” ucap Pajar.

Sementara itu, Sekda Hermon mengharapkan partisipasi kepada OPD terkait untuk saling bersinergi memberikan kontribusi demi mewujudkan masyarakat transmigran yang sejahtera.

“Silahkan dari Dinas PUPR, Dinas Perkimtan, Dinas Pertanian, Dinas PMD, Camat Murung maupun Dinas lain untuk berkalaborasi menyelesaikan permasalahan yang dihadapi warga transmigran,” pinta Hermon.

Rapat dihadiri Kepala Distransnaker Pajarudinnoor beserta jajarannya, Kadis Tanik Pujo Sarwono, Kadis PMD Asnawiyah, Kadisperkimtan Markudius Dani, Kadis Kominfo SP Bimo Santoso, Plt. PUPR Paulus Manginte, mewakili BPN, Kabag Pemerintahan, Bappedalitbang, dan dari BPKAD. (DiskominfoSP_Nof).
]]>
Exit mobile version