Site icon Berita

Wabup Mura Berharap Dukungan Terkait Pembangunan Bandara TTB

MC_Murung Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Prov. Kalteng Tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung terpusat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng dan diikuti secara virtual oleh stakeholders terkait, Kamis (02/9/2021).

Pembukaan Musrenbang dihadiri secara virtual oleh Anggota DPR RI Dapil Kalteng Willy M. Yoseph dan Ary Egahni Ben Bahat untuk memberikan masukan, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Hari Nur Cahya mewakili Menteri Dalam Negeri RI dan Deputi Bidang Pengembangan Regional Rudy Soeprihadi Prawiradinata mewakili Menteri PPN/Kepala Bappenas RI sebagai Narasumber, Ketua DPRD Prov. Kalteng, Para Ketua Komisi DPRD Prov. Kalteng, Bupati/Walikota se-Kalteng, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Wakil Bupati (Wabup) Murung Raya (Mura) Rejikinoor menghadiri Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2021–2026. Kegiatan ini dihadiri secara virtual bertempat di aula A Kantor Bupati Murung Raya.

Didalam kesempatanya Wakil Bupati Murung Raya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Murung Raya juga mengusulkan dalam Musrenbang ini, nantinya walaupun itu bertahap dalam pembangunannya, yakni sarana air bersih, jadi sarana air bersih yg sudah ada ini kami ingin memindahkan dari yang ada ini untuk penyediaan airnya diambil dari air sungai Barito sehingga sarana air bersih ini dapat dirasakan lebih banyak masyarakat.

“Berikutnya dalam hal transportasi, Kab.Mura berada di wilayah perairan maka dengan dukungan untuk peningkatan status ataupun peningkatan pembangunan untuk pelabuhan, pelabuhan Putir Sikan di desa Bahitom. Dengan pembangunan pelabuhan ini akses ke sejumlah desa yang berada di perairan makin lebih bergeliat kemajuan perekonomiannya sampai ke masyarakat di pedalaman,” tutur Rejikinoor.

Kita ketahui Kabupaten Murung Raya berada di wilayah paling ujung di Provinsi Kalteng, kita berharap kepada Provinsi dan Pusat dalam hal bantuan atau dukungan pembangunan Bandara Tira Tangka Balang (TTB) di Kabupaten Murung Raya.

Peserta Musrenbang yang hadir secara virtual

“Dengan adanya Bandara maka perjalanan dari Murung Raya-Palangka Raya lewat jalur udara itu dapat ditempuh hanya kurang lebih 45 menit, tetapi kalau jalur darat memakan waktu cukup lama yakni 8-9 jam perjalanan, dengan adanya Bandara kita berharap perekonomian dan investasi semakin meningkat di Kalteng,” ungkap Rejikinoor.

Rejikinoor juga menyampaikan, Kabupaten Murung Raya kaya akan objek wisata mulai dari air terjun dan lain-lain yang sangat menjanjikan, dirinya berharap dukungan pemangku kepentingan dalam dukungan operasional baik itu sarana dan prasarana bisa mendapat dukungan Provinsi Kalteng dan pihak terkait lainnya untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Murung Raya. (DiskominfoSP_Nof).

Exit mobile version