Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Anggota DPR RI Willy Midel Yoseph Ingatkan Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Tengah (Dapil Kalteng) Willy Midel Yoseph, mengadakan sosialisasi 4 (empat) pilar Kebangsaan, bertempat di GPU Tira Tangka Balang, Kota Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya (Mura), Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (1/6/2021).

Anggota DPR RI ini mensosialisasikan empat pilar Kebangsaan yang terdiri atas Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika. Adapun yang menjadi tujuan sosialisasi ini adalah memperkuat kembali nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat, terlebih di masa Pandemi ini dibutuhkan kesatuan anak bangsa untuk mampu bertahan dan melewati masa sulit ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Mura Hermon, Asisten perekonomian dan pembangunan Setda Mura Ferry Hardi, Kepala Diskominfo SP Kab.Mura Bimo Santoso serta para stakeholder terkait. Hadir juga sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tampak kegiatan berlangsung cair dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, serta pesertanya yang terbatas.

Willy Midel Yoseph dalam paparanya mengatakan, contoh riil individu yang menerapkan 4 pilar kebangsaan itu, misalnya tidak menyebarkan berita hoaks (bohong) bermuatan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), menggunakan sosial media dengan bijak dan menggunakan teknologi digital untuk hal-hal yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” tutur mantan Bupati Mura dua periode ini.

Ia juga mengungkapkan, empat pilar merupakan pijakan atau landasan berbangsa yang sudah seharusnya diamalkan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pengamalan nilai-nilai 4 pilar lanjutnya, diharapkan dapat mengukuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi penerus bangsa agar semakin mencintai dan memberikan kontribusi membangun Negeri.

Dalam menyampaikan materi pokok tentang 4 pilar, Willy didamping Wakil Rektor IAKN Palangka Raya Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Tirta Susila, D.Th dan Sekda Mura Hermon sebagai moderator.

Tirta Susila, D.Th menyampaikan bahwa “Indonesia sebagai negara besar dan kepulauan memiliki salah satu karakteristik kemajemukan, yaitu suku, budaya, dan agama. Untuk itu, perlu kesadaran bersama atas anuegrah keberagaman tersebut yang dibungkus dalam empat pilar kebangsaan.

“Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh, bangunan akan mudah roboh. Demikian juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara perlu memiliki tiang yang kokoh, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Tirta Susila, D.Th.

Sementara itu Sekda Mura Hermon usai mengikuti acara tersebut menyampaikan, momentum hari lahirnya Pancasila ini Pemerintah daerah mengajak seluruh masyarakat Mura untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap Indonesia.

“Mari kami mengajak seluruh masyarakat Murung Raya di semua lapisan untuk menerapkan empat pilar ini dalam kehidupan sehari-hari, demi kemajuan negeri dan daerah kita tercinta ini,” kata Hermon saat diwawancarai awak media. (DiskominfoSP_Nof).

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *