Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Antisipasi Karhutla BPBD Mura Gelar Latihan

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Wilayah Kabupaten Murung Raya (Mura) menjadi salah satu daerah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalteng. Bahkan pada tahun 2015 lalu menjadi daerah yang mengalami karhutla.

Karhutla rawan terjadi pada musim kemarau. Pada tahun ini, dalam rangka menyiapkan personil yang tangguh dan progresif BPBD Mura melaksanakan kegiatan simulasi karhutla. “Tujuannnya antisipasi karhutla jelang datangnya musim kemarau 2020,” ujar Hairinsyah salah satu pejabat BPBD Mura.

Pada kegiatan latihan ini, BPBD mengerahkan sekitar 47 personil yang dibagi dalam 8 tim untuk melakukan simulasi, tahapan simulasi dimulai dari saat petugas tanggap darurat yang menerima informasi karhutla dari lapangan. Setelah mendapatkan informasi petugas melakukan deteksi dini dan overview pada areal kebakaran menggunakan drone. Selasa (04/8/2020).

Kepala BPBD melalui salah satu pejabatnya Robbyanoor meminta kepada masyarakat agar terus berjaga-jaga dan bekerja sama dan bersinergi dalam pengendalian karhutla.

“Kami juga mengimbau kepada semua pihak untuk tidak membakar hutan dan lahan secara sembarangan. Karena kami tidak akan segan-segan untuk menindak secara hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kariadi menegaskan, pada 2020 Pemerintah mencanangkan program mencegah asap dan Mura Zero Hotspot. “Jadi, mari kita bersama-sama mewujudan program tersebut dengan kolaborasi stake holder dalam pencegahan ini,” harapnya.

Kariadi menegaskan bahwa hampir 100 persen penyebab karhutla adalah faktor manusia. Perlu kesadaran semua pihak untuk lebih peduli terhadap bencana ini. Ia juga mengapresiasi upaya BPBD dalam pencegahan. (DiskominfoSP_AnrNof.I).

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *