Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

BPBD Mura Simulasi Penanganan Bencana Asap

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal) yang dilaksanakan BPBD Kabupaten Murung Raya memasuki tahap pelaksanaan simulasi di lapangan. Kegiatan ini melibatkan 47 personil BPBD Kab. Mura,
Adapun kegiatan latihan difokuskan melakukan materi simulasi penanganan korban dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), simulasi tersebut bertempat di taman Kota puruk cahu. Selasa (04/8/2020).

Kegiatan ini mensimulasikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab serta pergerakan unsur-unsur pasukan beserta perlengkapannya yang terlibat dalam penanganan pemadaman dan penanganan korban karhutla dari dari materil dan personel, seperti keadaan yang sebenarnya.

Latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan, merupakan salah satu metode untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan petugas dalam mengantisipasi bahaya bencana alam khusus Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Murung Raya. Selain itu, latihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam melaksanakan operasi bantuan dalam menangani penanggulangan bencana alam.
Kepala Pelaksana BPBD Kab. Mura Kariadi mengatakan, bahwa kegiatan simulasi ini merupakan program kegiatan penanggulangan Karhutla tahun 2020.

Personel BPBD Saat Melakukan Latihan

“Kegiatan ini untuk mendirikan, membiasakan dan membisakan petugas dalam rangka upaya penanggulangan bencana sehingga kita tahu sambil mengevaluasi kebutuhan dan kekurangan serta apa yang perlu diperbaiki atau diperbaharui”, ujar Kariadi.

Peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh BPBD sangat memadai dan representative, itulah sebabnya perlu selalu dilakukan untuk latihan dan simulasi agar peralatan dan personil tetap terpelihara dan lihai dalam menjalankan tugas.
Hadir dalam simulasi Karhutla di Taman kota Puruk Cahu Kadis Kominfo SP Bimo Santoso yang melihat langsung kepiwaian para personil BPBD mengoperasikan peralatan dan perlengkapan karhutla BPBD Mura. (DiskominfoSP_AnrNof.I).

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *