Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Cegah Corona, Tim Gugus Tugas Covid-19 Gelar Rapid Test Massal Gratis di Kecamatan Laung Tuhup

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC-Murung Raya- Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 kembali menggelar rapid test massal, Minggu, (2/8/2020).
Rapid test massal yang digelar di Kelurahan Muara Laung 1 Kec. Laung Tuhup ini dilakukan secara gratis alias tanpa dipungut biaya seiring meningkatnya kasus pasien positif di daerah tersebut sekaligus memasuki kehidupan normal baru (new normal).

Pemkab Mura melalui Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Rejikinoor memberikan penjelasan terkait pelaksanaan rapid test massal yang dilakukan di Keluarahan Muara Laung I Kecamatan Laung Tuhup.
“Jadi untuk rapid test massal yang dilakukan di desa Muara Laung setelah kita melihat ada peningkatan pasien Positif di Kecamatan Laung Tuhup. Dan ini sudah dikomunikasi dengan pihak kecamatan,” kata Rejikinoor.
Dijelaskannya, dalam rapat sebelumnya saat conferensi pers, Wakil Bupati menekankan pentingnya edukasi dan sosialiasi kepada masyarakat yang akan melakukan rapid test. “Jadi kita tidak sekonyong-konyong melakukan rapid test seperti halnya di pasar misalnya atau di pemukiman penduduk tertentu,” ujar Rejikinoor.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Harian Gugus Tugas Hermon, bahwa untuk melakukan Rapid Test perlu ada kegiatan prakondisi dan sosialisasi yang melibatkan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di daerah tersebut. Sehingga tujuan dari rapid test bisa betul-betul dipahami oleh masyarakat.
Ditegaskannya, upaya rapid test untuk menjaring masyarakat yang positif atau reaktif sehingga bisa dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, termasuk dengan pemeriksaan PCR test. Apabila di antara masyarakat yang melakukan rapid test terbukti terpapar positif Covid-19, maka perlu dilakukan isolasi mandiri bila memungkinkan.
“Atau kalau tidak bisa dilakukan isolasi mandiri di tempat masing-masing, bisa dilakukan di gedung Politeknik di Desa Danau Usung atau di Balai Diklat Konut yang sudah disiapkan pemerintah.” terang Hermon.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kab. Mura Suria Siri menerangkan rapid test kali ini dimulai sekira pukul 07.00-12.00 WIB sebagai skrining awal guna mendeteksi penularan kasus Virus Corona ( covid-19 ) khususnya kasus-kasus baru yang merupakan transimisi lokal.
“Ya tentu ini sebagai upaya kita dalam pencegahan terhadap covid-19, mengingat sudah ada beberapa kasus transmisi lokal yang terjadi. Sehingga Pemerintah kita perlu melakukan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” kata Dokter dari Toraja ini.

Selain melakukan Rapid Test massal Wabup dan sekda beserta tim Gugus Tugas juga memberikan masker dan melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di Kelurahan Muara Laung 1 Kec Laung Tuhup, baik yang beraktivitas di Pasar, pengguna jalan maupun door to door. (MC DiskominfoSP Mura)

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *