Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Desa Makunjung Salurkan Dana BLTD

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC-Murung Raya- Sebagaimana kita ketahui dari penjelasan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar bahwa penggunaan dana desa untuk penyaluran BLT diatur dalam Permendesa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 yang merupakan revisi Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Kemendesa PDTT memperkirakan, BLT yang dialokasikan untuk 74.953 desa di seluruh Indonesia mencapai Rp 22,4 triliun. Adapun pagu dana desa tahun ini sebesar Rp 72 triliun.

Anggaran Dana Desa tahun ini, memang instruksi Kemendes, sebagian dialihkan untuk penanganan Covid-19, bentuknya harus bantuan langsung tunai. Bukan kali ini saja, melainkan BLT Dana Desa akan dilakukan setiap bulannya selama tiga bulan ke depan.
Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari dana desa mulai bisa dicairkan. Validasi data menjadi perhatian agar tidak terjadi pemberian bantuan yang tumpang tindih, bahkan salah sasaran.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa telah cair dan disalurkan di desa Makunjung Kecamatan Barito Tuhup Raya (Batura). Keluarga miskin di desa Makunjung yang terdampak pandemi Covid-19 telah menerima penyaluran perdana Rp. 600 ribu perbulan. Sebanyak 174 KK. Sabtu, (9/5/20).

Pj. Kepala Desa Makunjung, Indah Pahrianoor yang juga adalah Sekretaris Kecamatan Batura menyatakan bahwa mulai kemarin telah disalurkan Dana Bantuan Langsung Tunai Desa. “Alhamdulillah sudah disalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap 1 dan 2 Desa Makunjung kepada warga yang berhak menerima manfaat dan terdampak ekonomi pandemi Covid-19.” Ujar Pahrianoor.

Desa Makunjung telah menyalurkan BLT Dana Desa sebesar 600 ribu rupiah perkeluarga kepada 174 keluarga miskin, dari 700 KK Desa Makunjung. Masyarakat sangat gembira mendapatkan BLTD ditengan kondisi pandemik Covid-19 ini. “hendak.manangis yaku malang warga ji keter keter manarima bantuan, hanyar piji ampie malang duit kenyer kenyer walaupun bagi itah jida sabarapa nilai eh tapi warga ji memang berhak lebih dari cukup” Ungkap Plt. Kades dengan bahasa daerah
yang unik pada pembagian dana BLT desa tersebut. Di mana Plt. Kepala Desa Makunjung di damping aparat desa, mendatangi langsung rumah keluarga miskin untuk membagikannya.
Pahrian menjelaskan, cara door to door atau dari pintu rumah ke pintu rumah adalah salah satu cara menghindari kerumunan warga serta mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (MC DiskominfoSP Mura)

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *