Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Dinas Lingkungan Hidup Latih Brigade Pengendalian Karhutla

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Menyongsong Musim kemarau dan berladang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Murung Raya (Mura) terus melakukan penguatan kapasitas SDM Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) di wilayah-wilayah Murung Raya yang rawan kebakaran. Kali ini DLH melaksanakan pembentukan dan pelatihan dasar bagi Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhutla) di GPU Tira Tangka Balang Puruk Cahu. Kamis (24/9/2020).

Plt.Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mura, Rayzal Samad dalam laporannya, menyampaikan bahwa Kegiatan ini dilatarbelakangi semakin meningkatnya intensitas kebakaran hutan dan lahan terutama di musim kemarau dan musim berladang, yang bukan saja dapat menimbulkan kerugian secara ekonomi juga mengakibatkan berbagai macam gangguan penyakit serta dapat menimbulkan terganggunya arus transportasi.

Menurut Raizal Samad, salah satu upaya mengendalikan kebakaran hutan dan lahan adalah dengan membentuk Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan atau Brigade Dalkarhutla. Untuk Brigade Dalkarhutla ini dibentuk di setiap kecamatan dengan jumlah anggota 15 orang tiap 1 brigade sesuai dengan ketentuan yang ada. “Anggota Brigade ini direkrut melalui proses seleksi administrasi, test tertulis, seleksi fisik dan tes kesehatan yang mana seleksi ini dilakukan langsung oleh Manggala Agni Daops Muara Teweh,” jelasnya.

Pelatihan ini adalah pelatihan penyegaran kepada Brigade karena memang harus terus menerus dilakukan penyegaran dengan tujuan untuk memperlengkapi seluruhpersonil brigade agar memiliki pengetahuandan keterampilan yang memadai dan bisamelaksanakan tugas tugas pengendalian kebakaran di lapangan dan maksimaldisamping itu juga memang ada beberapa yang diganti sehingga memang harus dilatih lagi. “Pelatihan dilaksanakan sebanyak tiga tahapan mulai dari tanggal 24-30 September 2020 yang diikuti sebanyak 165 peserta,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Murung Raya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Rejikinoor menyatakan bahwa perkembangan situasi saat ini baik dari sisi tuntutan kelestarian lingkungan, maupun tuntutan dari dunia international akan pentingnya kita menjaga kualitas udara yang baik mendorong kita semua untuk saling mendukung dan bersinergi melakukan upaya penanggulangan pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

“Kehadiran pasukan Brigade Pengendalaian Kebakaran Hutan dan Lahan diharapkan mampu bekerja maksimal bersama sama dengan seluruh unsur baik TNI, POLRI, BPBD, Camat, Kepala Desa dan seluruh masyarakat petani peladang untuk bekerjasama berkoordinasi bersinergi melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga tidak menimbulkan dampak negatif yang dapat merugikan bersama,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya Bupati mengharapkan kepada seluruh peserta pelatihan Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan agar dapat belajardengan sungguh sungguh dan memperlengkapi diri dalam pelatihan ini agar nantinya dapat menjalankan tugas pengendalian kebakaran dengan baik dan aman dengan prinsip “Kendalikan Api agar dapat memberi manfaat“.

Hadir dalam kegiatan tersebut selain Wabup dan Plt.Kepala DLH, adalah Kapolres Mura, Perwira Penghubung, Asisten II, Kepala Baplitbangda, Plt. Kabankesbangpol, Kasatpol PP, Plt Kepala DPPKAD, Para Camat. (Diskominfo_AnrNof).

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *