Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

DPRD dan Bupati Mura Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI Secara Virtual

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

MC_Murung Raya – DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura) menggelar rapat Paripurna dalam rangka mendengarkan dan mengikuti siaran langsung Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Ke-77 RI tahun 2022.

Acara berlangsung di ruang rapat Paripurna DPRD Mura, dipimpin Wakil Ketua I DPRD Mura Likon, hadir pada acara tersebut Bupati Mura Perdie M. Yoseph, Wakil Bupati Mura Rejikinoor, Kapolres Mura AKBP I Gede Putu Widyana, Pabung Kodim 1013/Mtw Mayor Inf Heru Widodo, unsur anggota DPRD Mura, Sekda Mura Hermon, para Asisten Setda Mura, Kepala Perangkat daerah lingkup Pemkab Mura, Selasa (16/8/2022).

Dalam pengantarnya Wakil Ketua I DPRD Mura Likon menyampaikan, sebagaimana diketahui setiap Agustus Pemerintah Indonesia dan seluruh lapisan masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air akan mengenang dan merayakan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Disampaikan Wakil Ketua I DPRD Mura, bahwa Presiden RI Joko Widodo akan menyampaikan dua pidato. Pidato pertama disampaikan dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI 2022. “Pidato kedua dalam rangka penyampaian keterangan Pemerintah atas RUU APBN tahun anggaran 2023 beserta nota keuangannya pada rapat Paripurna pembukaan masa persidangan I DPR RI tahun sidang 2022 – 2023,” tuturnya.

Sementara, Pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 dilangsungkan di depan Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) serta Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), di Gedung Parlemen Jakarta dan diikuti oleh pemerintah daerah seluruh Indonesia secara virtual.

Pidato Kenegaraan yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rangkaian HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 ini disaksikan dan didengarkan dengan seksama oleh Bupati Mura dan segenap anggota DPRD Mura serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, ada sejumlah hal yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. Salah satunya ia menyebut, saat ini semua negara, termasuk Indonesia sedang menghadapi ujian. Menurut dia, sebanyak 553 juta jiwa di dunia terancam mengalami kemiskinan ekstrem.

Jokowi menyampaikan perang Rusia-Ukraina yang meletus tiba-tiba, membuat krisis pangan, energi, dan keuangan tak terhindarkan lagi. Sebanyak 107 negara terdampak krisis, sebagian di antaranya diperkirakan jatuh bangkrut. “Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi,” kata Jokowi di Gedung Parlemen Jakarta.

“Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangandan kelaparan,” sambungnya. Tak hanya itu, Jokowi juga mengatakan, bahwa pemerintah telah mengucurkan anggaran Rp 502 triliun untuk subsidi bahan bakar minyak (BBM), LPG, dan listrik di tahun 2022. Hal ini dilakukan agar harga BBM di masyarakat tak melambung tinggi. APBN mengalami surplus Rp106 triliun hingga pertengahan 2022. Sehingga, pemerintah kini masih sanggup memberikan subsidi di sektor energi kepada masyarakat.

“P

emerintah mampu memberikan subsidi BBM, LPG, dan listrik, sebesar Rp 502 triliun di tahun 2022 ini, agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi,” kata Jokowi. (DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *