Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Kabag Perekonomian Setda Mengikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Secara Virtual

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Presiden Joko Widodo menekankan sejumlah hal penting mengenai upaya pengendalian inflasi sebagaimana disampaikannya dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2020 secara virtual, Kamis (22/10).

“Menjaga keseimbangan supply-demand sangat penting. Agar disaat perekonomian kita mulai pulih dan daya beli masyarakat telah kembali normal, tidak terjadi tekanan signifikan terhadap harga-harga,” ucap Presiden.

Semantara itu Menko Perekonomian Erlangga Hartato menyampaikan Perekonomian Dunia dan Indonesia Sedang Terkontraksi, hal ini disebabkan Pandemi covid-19 telah memicu kontraksi perekonomian global. Beberapa negara utama telah mengalami resesi pada triwulan-II 2020. sehingga Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2020 mengalami kontraksi sebesar-5,32% (yoy). Berdasarkan pengeluaran, konsumsi RT yang memiliki porsi 57,85% total PDB terkontraksi sebesar -5,51% (yoy). Penguatan daya beli masyarakat menjadi salah satu target kebijakan PEN untuk mendongkrak pertumbuhan Indonesia 2020.
Menurut Erlangga realisasi inflasi nasional s.d triwulan-III Tahun 2020 cenderung rendah seiring pelemahan permintaan di tengah pasokan yang tetap terjaga dan minimnya gangguan distribusi. Sebelum tahun 2020, Realisasi inflasi tahunan berada dalam trend menurun dan dapat dijaga di kisaran 3% dalam 5 tahun terakhir. “realisasi inflasi ke depan tetap harus dijaga di kisaran sasaran” Ujarnya.

Sementara itu Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan perkiraanya bahwa inflansi rendah dan ke depan diperkirakan akan tetap terkendali.”Transformasi UMKM akan mendukung kesehateraan petani dan pertumbuhan Ekonomi” Jelasnya.

Selain membahas isu strategis dalam penanganan inflasi di daerah, Rakornas ini juga diumumkan daerah terbaik dalam penanganan Inflasi daerah dan diberikan dalam acara TPID Award 2020.

Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2020 dihadiri Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu RI Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, para Kepala Daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia dan di Kabupaten Murung Raya diikuti oleh Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Murung Raya Wandato beserta jajaran dengan menyimak arahan Presiden dan para Menteri secara virtual. (DiskominfoSP_AnrNof).

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *