Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Kader Posyandu Punya Peran Besar Turunkan Stunting

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

Murung Raya, InfoPublik – Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) punya peranan penting dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Murung Raya (Mura).

Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Hal itu diungkapkan Pj Bupati Mura, Hermon, melalui Plt Sekda Mura Serampang saat membuka kegiatan Pelatihan Kader Posyandu dengan tema “Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu dalam Pencatatan Pelaporan, Pengukuran Antropometri, Pengisian KMS Balok SKDN dan PMBA dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting”. Kegiatan tersebut belangsung di aula Cahai Ondhui Tingang (Gedung B) kantor Bupati Mura, Senin (13/11/2023).

Diketahui posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama guna memberdayakan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Plt Sekda Mura Serampang menyampaikan, Posyandu sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat tidak serta merta hadir dan bergerak dengan sendirinya, dukungan pemerintah terhadap keberadaan dan kesinambungan posyandu terus diupayakan.

“Berbagai kebijakan telah dibuat dengan bermacam kegiatan dan program yang telah dilaksanakan agar posyandu tetap eksis dan menjadi gerbang terdepan pemberdayaan masyarakat. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk kader posyandu,” kata Serampang.

Ia juga mengatakan peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Salah satu permasalahan dalam penyelenggaraan Posyandu yang paling mendasar adalah Masih kurangnya pengetahuan kader baik dari sisi akademis maupun teknis, kita ketahui bersama bahwa kader merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu, keberadaan kader menjadi hal yang sangat penting dan strategis ketika pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan derajat kesehatan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Serampang.

(DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *