Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Kajian Neraca Pangan dan Rantai Pasok Komoditas Penyumbang Inflasi

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Bertempat di Ruang kerja Sekda Gedung A Kantor Bupati Murung Raya, selasa pagi (25/08/20), Asisten II Bidang Permbangunan dan perekonimian Ferry Hardi dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Murung Raya, mengikuti rapat koordinasi Kajian Neraca Pangan dan Rantai Pasok Komoditas Penyumbang Inflasi via video conference bersama Kepala Cabang Bank Indonesia Kalteng, hadir mendampingi Asiten II, Kadis Kominfo SP, Kepala PBS, Kepala Bulog Puruk Cahu dan anggota Tim TPID.

Menurut Asisten Direktur Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Tengah Yudo Herlambang, Undangan Diseminasi Kajian Neraca Pangan dan Rantai Pasok Komoditas Penyumbang InflasiTPID se-Kalimantan Tengah adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas, wawasan, dan pengetahuan serta koordinasi TPID se-Kalimantan Tengah, kami berencana menyelenggarakan Diseminasi Kajian Neraca Pangan dan Rantai Pasok Komoditas Penyumbang Inflasidi Kalimantan Tengah.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Sekda dan TPID se Provinsi Kalimantan Tengah juga Nampak hadir Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, menampilkan nara sumber dari BI Yudo Herlambang yang menyampaikan materi terkait Inflasi Kalimantan Tengah sampai Dengan 2020. “Inflansi Regional Kalimantan Juli 2020 pada bulan Juli 2020, Kota Palangka Raya mengalami deflasi-0,22% (mtm) sementara itu Kota Sampit mengalami inflasi sebesar0, 28% (mtm). Dengan perkembangan tersebut, Kalimantan Tengah mengalamid eflasi sebesar-0,03% (mtm) menempati peringka tketiga terendah setelah KalimantanSelatan.” Ungkap Yudo Herlambang.

Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Kalteng di Bulan Juli 2020 tercatat deflasi sebesar-0,03% (mtm) berbeda dari periode sebelumnya yang tercatat inflasi sebesar 0,44% (mtm). Capaian Kalteng sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan capaian nasional yang tercatat deflasi – 0,10% (mtm). “Dengan perkembangan tersebut, IHK Kalteng tercatat inflasi sebesar 0,94% (ytd), masih dibawah sasaran tahun 2020 sebesar 3,0 ±1%.” Ujar Asisten Direktur BI.

Menurut Yudo herlambang Rekomendasi Pengendalian Inflasi implementasi roadmap Pengendalian inflasi merupakan tuntutan secara nasional dan Komitmen semua pihak adalah keberjhasilan pengendalian harga dengan berpatokan pada roadmap TPID sangat ditentukan oleh sinergi dan koordinasi antar instansi dan lembaga dalam upaya mengendalikan harga pangan.
Sementara rekomendasi pengendalian inflasi jangka pendek adalah dengan memberi himbauan belanja bijak dan cerdas dengan penerapan protokol kesehatanCOVID-19 melalui banner atau video grafis baik melalui videotron di bundaran besar maupun Instagram.

Inovasi Pengendalian Inflasi & Menggerakkan Perekonomian Pemanfaatan Teknologi di Kalimantan Tengah adalah dengan Menggerakkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19 melalui Pemanfaatan Teknologi/Marketplace (TahapI) Pemanfaatan teknologi/marketplacese bagai perantara antara pedagang pasar dengan masyarakat. Permintaan tetap terbentuk dengan memudahkan masyarakat memilih kebutuhan belanja lewat ponsel lalu pasokan di pasar termonitor dengan baik karena sudah terintegasi dalam satu platform. Pemerintah Daerah mendorong/memanfaatkan BUMD yang ada atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar untuk mengembangkan platform tersebut dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat. (Diskominfo_AnrNof).

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *