Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Kasus Gastroenteritis Meningkat. dr. Suria Siri: Jaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

MC_Murung Raya – Saat ini pasien Gastroenteritis (Infeksi usus ditandai dengan diare, kram, mual, muntah dan demam) sedang meningkat di Puruk Cahu. Hal ini terlihat kamar inap di UPTD RSUD Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya (Mura) dipenuhi pasien yang dirawat.

“Sepertinya kamar inap penuh karena pasien rawat inap banyak,” ungkap Direktur UPTD RSUD Puruk Cahu dr. Debi Rumondang Siregar, Jumat (26/8/2022).

Lebih lanjut, Debi menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga pasien apabila ruangan kurang nyaman. Hal tersebut karena meningkatnya kasus gastroenteritis.

Debi mengatakan, saat ini memang BOR RSUD sedang meningkat, selain dua gedung terpakai untuk pasien paru dan Covid-19, kita terpaksa menggunakan bangunan yang ada. Tidak mungkin pasien gastroenteritis ataupun pasien Covid-19 dipindah ke areal lainnya.

“Mungkin kedepannya Pemerintah daerah bisa menambah gedung bagi RSUD karena pelayanan rawat inap juga sudah mulai bertambah dengan meningkatnya penduduk Murung Raya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kab.Mura dr. Suria Siri saat dikonfirmasi terkait dengan kondisi kesehatan masyarakat saat ini, membenarkan kalau kasus diare sedang meningkat di masyarakat.

Suri Siri menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Jika diare secepatnya dibawa ke fasilitas kesehatan baik rumah sakit/ puskesmas/ pustu. “Nantinya kalau tidak dirawat bisa dehidrasi,” ungkapnya.

Suria Siri menjelaskan bahwa Pemerintah telah menetapkan kebijakan dalam menurunkan angka kesakitan dan angka kematian karena diare antaranya melaksanakan tatalaksana penderita diare yang sesuai standar, baik di sarana kesehatan maupun di rumah tangga. (DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *