Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Murung Raya Resmi Ditutup

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

MC_Murung Raya – Bertempat di halaman kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Murung Raya (Mura) dilaksanakan upacara penutupan latihan penanggulangan bencana alam, Jumat (10/6/2022).

Upacara ini dipimpin Danrem 102/Pjg, melalui Kasiops Kasrem, Kolonel Kav Heru Baharuddin, didampingi Asisten I Setda Kab.Mura Serampang, Kadis Sosial Kab. Mura Rusine, Kadis Kesehatan Kab.Mura dr. Suria Siri, Pabung Kodim 1013/MTW Inf Heru Widodo dan jajaran terkait lainnya.

Danrem 102/Pjg, melalui Kasiops Kasrem, Kolonel Kav Heru Baharuddin dalam sambutannya mengatakan, bencana alam adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis sehingga dalam penanganan bencana alam diperlukan langkah-langkah yang tepat dan terintegrasi agar dapat tertangani dengan tepat dan sesuai sasaran pada saat terjadi bencana alam ataupun penanganan sesudah terjadinya bencana alam tersebut.

“Latihan penanggulangan bencana alam yang baru saja dilaksanakan merupakan suatu moment yang sangat penting bagi kita semua, selama mengikuti latihan semua tenaga, pikiran dan konsentrasi para peserta terfokus pada latihan ini, tapi semua pengorbanan ini tidak sia-sia karena saya yakin dan percaya kalau para peserta telah memiliki ilmu dan wawasan sebagai bekal dalam membantu Pemerintah Daerah melaksanakan penanggulangan bencana alam di wilayah secara terpadu, terencana dan berkesinambungan,” tutur Kasiops Kasrem, Kolonel Kav Heru Baharuddin.

Kolonel Kav Heru Baharuddin mengharapkan kepada seluruh peserta agar materi yang telah diterima selama melaksanakan latihan, hendaknya benar-benar dipahami, terus dipelihara, ditingkatkan dan dikembangkan, dengan penuh inovasi dan kreatifitas, sesuai perkembangan situasi yang terjadi.

“Kepada rekan-rekan dari Pemda dan instansi terkait lainnya, saya ucapkan terim akasih atas partisipasinya sehingga latihan penanggulangan bencana alam ini dapat terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Mura melalui Asisten I Setda Kab.Mura Serampang mengatakan, melalui latihan teknis ini telah diberikan berbagai macam gambaran permasalahan aktual tentang bencana alam yang memerlukan pemecahan secara komprehensif dan terintegrasi.

“Ini sangat penting, karena kenyataan atau permasalahan aktual di lapangan, selalu memiliki dinamika dan karakteristik yang berbeda. Bila terjadi bencana alam koordinasi antara seluruh unsur terkait perlu dilakukan, sehingga kita senantiasa memiliki kesiapsiagaan dan mampu mendeteksi sedini mungkin segala perkembangan situasi, kemungkinan terjadinya bencana setiap saat kita siap untuk melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi serta bantuan kemanusiaan pasca bencana,” pungkasnya. (DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *