Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Meriahnya Festival Budaya Isen Mulang 2022

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

MC_Murung Raya – Keragaman dan keunikan budaya Suku Dayak ditampilkan dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022 yang digelar di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran mengatakan, festival kali ini berlangsung meriah dan menampilkan beragam keunikan dan warna tersendiri budaya dari Suku Dayak.

“Kegiatan ini diikuti seluruh kabupaten/kota di Kalteng dan digelar secara hybrid dengan tetap prokes, kami berharap ini menjadi daya tarik tersendiri untuk sama-sama kita mengangkat dan mempertahankan budaya yang kita miliki,” kata Gubernur H. Sugianto Sabran.

Ia juga menjelaskan, FBIM tidak hanya menjadi arena untuk bertanding dan mengukir prestasi tetapi juga menjadi sarana mempromosikan berbagai seni, budaya dan pariwisata yang ada.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Hj. Adiah Chandra Sari menyampaikan, selain gelaran budaya khas Dayak, FBIM yang digelar pada 17-22 Mei 2022 akan mempertandingkan sejumlah cabang lomba, diantaranya karnaval budaya, pemilihan jagau dan bawi nyai, tari daerah, karungut, lagu daerah, mayipet, mangenta, malamang, habayang, mangaruhi, sepak sawut, maneweng manetek manyila kayu, balogo, jukung tradisional, besei kambe serta video vlog/ videografi.

“FBIM juga sebagai sarana melestarikan dan terus membumikan berbagai seni, budaya, serta kuliner di Kalimantan Tengah agar tak tergerus kemajuan zaman dan budaya asing,” ungkapnya. (DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *