Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Pj Bupati Murung Raya Panen Padi Perdana Hasil Kelompok Tani

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

Murung Raya, InfoPublik – Pj Bupati Murung Raya (Mura), Hermon bersama unsur Forkopimda melakukan panen padi perdana hasil kelompok tani Dam Raya binaan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanik) Kab.Mura di jalan Mahir Mahar, Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, Selasa (5/3/2024).

“Mewakili Pemerintah Daerah, saya menyambut baik pelaksanaan kegiatan panen raya padi ini guna menekan laju inflasi serta harga khususnya pada komoditas beras,” ungkap Pj Bupati, Hermon.

Sementara, Plt Kepala Distanik Kab.Mura, Reyzal Samat dalam laporannya menyampaikan di Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung ini ada tiga Kelompok Tani (Poktan) yang mengusahakan padi sawah.

“Terdapat tiga tiga kelompok tani yang mengusahakan padi sawah di kelurahan Beriwit ini yaitu Poktan Dam Raya sebanyak 7 Hektar, Teluk Raya 3 Hektar, dan berjaya 0,5 Hektar,” kata Rezal Samat.

Dan untuk varietas padi yang digunakan pada poktan dam raya adalah Aromatic, Ciputi, Inpari C2, IF 8, IF 16 dan IR Nutri Zinc, sedangkan teluk raya yaitu varietas Aromatic, Ciputi, Inpari C2, IF 8, IF 16, IR Nutri Zinc, INPARI 42 dan INPARI 48, kemudian untuk poktan berjaya veriatasnya Aromatic, Ciputi, Inpari C2, IF 8, IF 16, IR Nutri Zinc dan Santani.

“Dalam 1 (satu) kali panen untuk penggunaan benih padi varietas IF8 adalah 8 ton per hektar, rata-rata produktivitas padi adalah 4 Ton/Ha dan panen dilakukan setiap 1 (satu) kali dalam setahun,” tuturnya.

Lanjutnya, untuk hasil panen padi dari kelompok tani ini nanti beberapa diantaranya akan dijual dan juga untuk konsumsi petani sendiri.

(DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *