Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

PKBM Lembaga Pendidikan Nonformal untuk Masyarakat

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

Murung Raya, – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga pendidikan nonformal yang dibentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Lembaga tersebut berorientasi pada pemberdayaan potensi setempat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap masyarakat dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

PKBM merupakan salah satu pusat pembelajaran bagi masyarakat selain pendidikan formal seperti sekolah. PKBM juga dapat menjadi pusat kegiatan belajar karena di PKBM tidak mengenal batasan usia untuk terus belajar.

“PKBM sebagai salah satu mitra kerja Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat melalui program-program pendidikan nonformal,” kata Ketua PKBM Asa Ambang, Nofriandy Imanuel dalam acara Workshop persiapan penerapan kurikulum merdeka belajar, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Murung Raya (Mura), Jumat (13/10/2023).

Workshop itu dilaksanakan dalam rangka menyiapkan tutor yang hebat dalam akselerasi implementasi kurikulum Merdeka Belajar, khususnya di PKBM. Sejumlah Ketua PKBM dan operator juga ikut menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

Yandi sapaan akrab Nofriandy Imanuel menuturkan peserta antusias mengikuti kegiatan ini. Pemateri yang dihadirkan merupakan narasumber yang berkompeten.

“Harapan kita setelah adanya workshop kurikulum merdeka belajar ini dapat kita terapkan perlahan pada lembaga PKBM kita masing-masing,” ucap Nofriandy yang merupakan lulusan S-2 Magister Manajemen.

Ia juga menyampaikan, PKBM Asa Ambang beralamat di Jl. Kol Katamso No.28 (Blok B Respen), Puruk Cahu, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya.

“PKBM Asa Ambang saat ini terdapat program pendidikan Paket A setara SD/MI, Paket B setara SMP/MTs dan Paket C setara SMA/MA. Sudah banyak peserta didik yang lulus dari PKBM ini,” pungkasnya.(Red_Nof).

Populer

0 Responses

  1. Sangat menarik membaca artikel ini! Pendidikan memiliki peran yang sangat krusial dalam membentuk masa depan kita. Artikel ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pengertian, jenis, dan fungsi lembaga pendidikan. Saya khususnya tertarik dengan bagaimana lembaga pendidikan dapat menjadi wahana untuk mengembangkan potensi siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan.

    Saya ingin menambahkan bahwa dalam era teknologi ini, integrasi teknologi dalam lembaga pendidikan juga semakin penting. Teknologi tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi pengajaran tetapi juga mempersiapkan siswa untuk dunia yang semakin digital. Apakah pembaca memiliki pengalaman atau pandangan tambahan tentang hal ini? Saya sangat antusias untuk mendengar berbagai perspektif

    Alternatif komunitas pembelajaran barangkali silahkan kunjungi web kami di :
    https://syababcamp.com
    https://amanahsolution.clm

  2. Artikel ini sangat memberikan wawasan mendalam tentang PKBM sebagai lembaga pendidikan nonformal untuk masyarakat! Penjelasan tentang peran dan kontribusinya sangat jelas, memberikan pemahaman yang baik. Saya terkesan dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan. Terima kasih atas artikel yang informatif dan inspiratif!
    Alternatif komunitas belajar lain barangkali bisa kunjungi web kami di: https://syababcamp.com atau https://amanahsolution.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *