Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Sosialisasi Apilkasi Desa Melawan Covid 19 (eDMC-19) dan Aplikasi Human Development Worker (eHDW) di Murung Raya

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC-Murung Raya- Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia ( Kemendes PDTT RI) meluncurkan Aplikasi Desa Melawan Covid 19 (eDMC-19). Aplikasi eDMC-19 ini membantu tim relawan desa dalam melaksanakan kegiatan dan aktifitasnya, serta memberikan edukasi dan informasi secara real time tentang Covid-19 kepada Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat dalam menentukan kebijakan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Sosialisasi Aplikasi Desa Melawan Covid 19 (eDMC-19) dan aplikasi Human Development Worker (eHDW) dilaksanakan pada hari Senin, 20 Juli 2020 bertempat di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Murung Raya yang diikuti oleh Kades , Operator eDMC , operator eHDW Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Kecamatan Barito Tuhup Raya, Kecamtan Seribu Riam dan Kecamatan Uut Murung.
Sosialisasi ini berdasarkan atas Surat Edaran (SE) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Desa Melawan Corona Virus Desease 19 (Covid-19) dan Human Development Worker.

Menurut salah satu peserta sosialisasi Indah Pahrianoor yang juga Sekretaris Kecamatan Barito Tuhup Raya mengungkapkan bahwa Sosialisasi Aplikasi Desa Melawan Covid-19 (eDMC19) dan Aplikasi Human Development Worker (eHDW). Aplikasi eDMC19 merupakan aplikasi seluler berbasis android sebagai alat bantu Tim Relawan/Gugus Tugas Desa Covid-19 untuk memantau tingkat kerawanan Desa terhadap pandemi Covid-19.
Sedangkan aplikasi Human Development Worker (eHDW) merupakan aplikasi seluler berbasis android sebagai alat bantu kerja Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam melakukan pendataan sasaran Rumah Tangga 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan pemantauan 5 paket layanan pencegahan stunting di Desa. Kedua aplikasi ini perlu dipahami dan segera dimanfaatkan oleh Desa.

Dukungan operasional untuk pemanfaatan aplikasi menggunakan APBDesa (DD). Dinas PMD Kabupaten Murung Raya selaku pemegang dashboard akan memantau output laporan dari 2 aplikasi ini untuk selanjutnya akan disebarluaskan ke SKDP lain sebagai bahan kebijakan lebih lanjut.
“Penanganan Covid 19 dan stunting memerlukan kecepatan dan sinergitas antar sektor, untuk itu ketepatan, keakuratan dan kecepatan data tersaji real time sangat diperlukan.” Ujar Pahrianoor.

Pengguna dari aplikasi eDMC-19 ini adalah Kades, Operator eDMC , operator eHDW Kader Pembangunan Manusia (PKM) untuk memonitor proses dan hasil penginputan data sekaligus mengetahui kondisi desa dan Operator untuk menginput data pada aplikasi.
Fitur-fitur Aplikasi eDMC diantaranya adalah Kegiatan Gugus Tugas, Pemantauan Desa (Laporan Mingguan, Bulanan dan 3 Bulanan), Diagnostik, Media, dan Dukungan Kesehatan, Pendampingan dan Teknis. Dalam setiap fitur-fitur yang ada terdapat beberapa isian yang harus diisi oleh operator aplikasi.
Hadir sebagai narasumber pada Sosialisasi tersebut adalah Tenaga Ahli /P3MD dan DPMD bidang II.(MC DiskominfoSP Mura)

]]>

Populer

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *