Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Tingkatkan Infrastruktur IT, Diskominfo SP Mura Gelar Sosialisasi Integrasi Jaringan dan Smart City

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

MC_Murung Raya – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Murung Raya melaksanakan sosialisasi rencana integrasi jaringan internet dan samart city oleh Icon Plus PLN. Acara tersebut berlangsung di aula Gedung B kantor Bupati Mura, Rabu (20/7/2022). Peran teknologi informasi saat ini sudah menjadi sebuah bagian tidak terpisahkan dalam rutinitas kehidupan manusia. Dengan perkembangan yang pesat di bidang teknologi komputer dan telekomunikasi maka untuk mendukung mobilitas serta produktifitas pengguna, maka pembangunan infrastruktur jaringan sebagai backbone dalam sebuah sistem transmisi komunikasi harus diperhitungkan secara matang agar kualitas layanan komunikasi data tetap optimal dan terjaga.

“Sebagai Kabupaten baru, Kabupaten Murung Raya juga sebagai salah satu penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru, dituntut harus siap dan berbenah untuk infrastruktur, tidak hanya infrastruktur berupa fisik (Jalan dan bangunan), akan tetapi juga harus siap untuk infrastruktur berupa IT (Informasi Teknologi),” kata Kadis Kominfo SP, Kab.Mura Bimo Santoso.

Bimo Santoso mengatakan, sosialisasi ini, kerjasama antara Kominfo dengan Icon Plus. Adapun maksud diadakan acara sosialisasi dengan tema rencana integrasi jaringan dan smart city, adalah salah satu cara kita untuk mendukung program Pemerintah 4.0 dan untuk strategi pengembangan infrastruktur IT khususnya di Kabupaten Murung Raya. Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi diberbagai bidang kehidupan dengan menggunakan teknologi berupa hp, laptop, cctv dan lain lain yang semua terhubung dengan IT. Maka diperlukan infrastruktur, jaringan IT yang memadai untuk mendukung kegiatan tersebut.

“Kerjasama dengan Icon Plus ini sebenarnya sudah terjalin sejak tahun 2020 hingga sekarang. Dengan adanya kerjasama dengan Icon Plus ini Dinas kominfo SP dapat membagi akses internet ke beberapa OPD seperti Bapenda, Bappelitbangda, BKPSDM, BPKAD, Dinas Kesehatan, Disdikbud, DPMTSP, Dukcapil, Inspektorat, PUPR, serta Setda Gedung A dan B (Belum Maksimal dikarenakan kapasitas bandwit masih kecil),” jelas Bimo Santoso.

Bimo mengharapkan jaringan Icon Plus dapat diperluas ke semua OPD hingga ke Kecamatan-kecamatan wilayah Kabupaten Murung Raya (seluruh wilayah Kabupaten Murung Raya). Dengan adanya Icon Plus ini di Murung Raya, besar harapan agar masyarakat (secara umum) dapat akses internet yang murah dan berkualitas.

Sementara, Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor dalam sambutannya menyampaikan, pesatnya perkembangan teknologi informasi dalam berbagai bidang kehidupan memberikan kesempatan untuk dapat dimanfaatkan secara tepat dan efektif, termasuk salah satunya dalam bidang Pemerintahan. Berbagai rencana menguraikan pemecahan masalah untuk membawa sebuah institusi menuju tercapainya visi misi untuk memberikan pelayanan dan informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat Kabupaten Murung Raya.

“Berdasarkan hal diatas, perlu adanya perancangan infrastruktur jaringan IT untuk mendukung implementasi sistem informasi pada Pemerintah Kabupaten Murung Raya, dimana hal ini diawali dengan menganalisa infrastruktur jaringan IT yang telah digunakan hingga saat ini, kemudian melakukan perancangan infrastruktur jaringan IT. Dengan melihat rencana kedepannya, Pemerintah Kabupaten Murung Raya dalam bidang teknologi informasi terkait dengan kondisi yang ada pada saat ini, menunjukan bahwa proses implementasi sistem informasi harus segera dilaksanakan dan dikembangkan,” kata Rejikinoor saat membacakan sambutan Bupati Mura Perdie M. Yoseph.

Ia menambahkan, Kabupaten Murung Raya yang memiliki luas 23.700 Km2,10 Kecamatan, 115 desa, dan 9 Kelurahan dimana sampai sekarang Kab.Murung Raya masih berbenah untuk pembangunan baik jalan, jembatan serta sekolah dan lain lain. Juga tidak terkecuali pembangunan infrastruktur IT. Kab.Murung Raya juga harus menyiapkan selain infrastruktur IT, juga harus menyiapkan SDM di bidang IT untuk menjawab tantangan kedepan. Pemerintah Kab.Murung Raya berusaha agar infrastruktur IT dan peningkatan SDM di bidang IT dapat sejalan dengan pembangunan fisik.

“Dengan adanya sosialisasi ini kami mengharapkan dapat membantu Kab.Murung Raya khususnya dalam mengejar ketertinggalan infrastruktur IT dan dengan adanya infrastruktur IT yang memadai nantinya dapat menunjang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk pelayanan kepada masyarakat. Dari data Dinas Kominfo SP Kab.Murung Raya tahun 2022 ada 80 desa yang masih blank spot atau belum memiliki sinyal. Dengan adanya sosialisasi oleh tim Icon Plus dapat memberikan masukan atau solusi bagi Kab. Murung Raya,” pungkas Rejikinoor. (DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *