Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Vicon Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pada Saat Libur Panjang

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC-Murung Raya- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran kementerian/lembaga mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat libur panjang di akhir Oktober 2020. Antisipasi ini perlu dilakukan, kata Jokowi, mengingat pengalaman pada libur panjang sekitar 1,5 bulan lalu. Saat itu, terjadi lonjakan kasus Covid-19.
Terkait dengan rencana libur panjang akhir Oktober 2020, Presiden, Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat untuk mengingat dan belajar dari pengalaman beberapa bulan lalu. Sebab angka positif virus corona Covid-19 terdapat kenaikan yang cukup signifikan selama masa libur panjang.

Berkenaan dengan hal tersebut hari ini Kamis, (22/10/2020) dilaksanakan Video Converence (Vidcon) yang dipimpin oleh Menkopolhukam Mahfud MD bersama Menko PMK, Mendagri, Menpan RB, Menag, Menaker, Menpakeraf, Kapolri dan Panglima TNI, Ka BIN, Kepala BNPB diikuti oleh para kepala daerah Gubernur, Bupati dan walikota se Indonesia.
Menteri Kordinator polhukam Mahfud MD memprediksi masyarakat biasanya akan melakukan perjalanan seperti pulang kampung, kumpul bersama keluarga, atau liburan, rekreasi dan lain-lain. Oleh sebab itu melakukan antisipasi perlu dilakukan untuk mencegah munculnya klaster libur panjang.
“Pengalaman kita sebelumnya saat libur terjadi mobilitas yang sangat tinggi. Masyarakat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Aktivitas ini bisa menimbulkan media penularan Covid-19. Jadi buat liburan kali ini tidak menjadi media penularan,” tuntasnya.

Pemerintah harus mulai melakukan berbagai persiapan agar tidak terjadi lonjakan kasus pada libur panjang akhir yang akan datang. Pemerintah pusat maupun daerah, diminta tidak akan segan melakukan intervensi.
Kerjasama antara pusat dan daerah didukung seluruh komponen tentunya menjadi salah satu cara kerja kita yang paling efektif. Liburan yang aman dan juga yang nyaman tanpa kerumunan.
Kita semua harus mengingatkan pada diri sendiri dan seluruh lapisan masyaraat agar protokol kesehatan menjadi suatu kewajiban untuk memutus penularan Covid-19. Mulai dari #pakaimasker, #cucitangan pakai sabun, hingga #jagajarak dan menghindari kerumunan.

Hadir mengikuti Vidcon di aula setda Gedung A Kab. Mura. Asisten I sekaligus Plt. Kesbangpol Serampang, Wakapolres Kompol Wawan, Danramil Murung Lettu Sahroni, yang mewakili Kadis Kesehatan Langkap, Plt. BKPSDM Lentine serta staf Diskominfo dan Humpro. (MC DiskominfoSP Mura)

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *