Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Wabup Ikuti Rakornas Analisa dan Evaluasi Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak 2020

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Wakil Bupati Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah, Rejikinoor, mengikuti Rakornas Analisa dan Evaluasi Pelaksanan Kampanye Pilkada Serentak 2020 melalui virtual meeting di aula A Kantor Bupati Murung Raya. Jumat (02/10/2020).

Hadir mendampingi Wakil Bupati, Kapolres Mura Polda Kalteng AKPB Dharmeswara, Sekretaris Daerah Hermon, Plt.Kabankesbangpol Serampang, Ketua KPU Sanjaya, Ketua Banwaslu Rudy Hartono, Kadis Kominfo Bimo Santoso, Kepala Bagian Pemerintahan Jambi Tuah, Kepala Satpol PP dan Damkar Iskandar.

Rakornas tersebut dipimpin langsung oleh MenkoPolhukam Mohammad Mahfud MD yang membahas dan mereview kondisi yang terjadi di daerah yang melaksanakan Pilkada di tahap kampanye. Mahfud menyampaikan apresiasi kepada semua pihak berkat rapat koordinasi usai pendaftaran calon beberapa waktu lalu yang menimbulkan sejumlah polemik (kerumunan yang melanggar protokol kesehatan) sehingga pada masa kampanye kondisi cenderung lebih kondusif.

“Menurut pantauan, pelanggaran terjadi di luar pilkada, meskipun ada laporan yang datang dari pilkada namun sejauh ini berjalan dengan baik dan kondusif,” ucap Mahfud.

Mahfud juga mengatakan Rakor merupakan kesepakatan bersama Mendagri agar dapat rutin di lakukan sehingga mengevaluasi kondisi yang terjadi di lapangan lalu dapat segera di carikan solusi penyelesaian jika terjadi hal yang dapat menghambat pelaksanaan pilkada yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita evaluasi dan selalu siap melakukan langkah antisipasi sehingga pelaksanaan pilkada dapat berjalan baik,” lanjutnya.

Plh. Ketua KPU RI Ilham Saputra mengatakan bahwa KPU terus melakukan pemantauan secara berkala terhadap tahapan pelaksanaan Pilkada, terlebih saat masa kampanye yang lebih mengutamakan media virtual di tengah pandemi covid.

Ilham melanjutkan, Koordinasi secara intens baik dengan Kemendagri dan Kementerian terkait lainnya juga bersama KPU di kabupaten dan Kota, sehingga PKPU menjadi panduan guna pencegahan Covid-19 seraya memberikan sosialisasi agar PKPU dapat di pahami dan di ketahui masyarakat secara luas.

Ketua Bawaslu RI Abhan pun melaporkan bahwa pihaknya terus melakukan pengawasan sekaligus penindakan terkait protokol kesehatan dalam masa pelaksanaan kampanye di era pandemi Covid-19.

Disela-sela mengikuti Rakor, Wabup Rejikinoor menyampaikan agar semua pihak yang terkait berkomitmen untuk menyelenggarakan Pilkada sesuai aturan yang berlaku termasuk protokol kesehatan, mendorong kreativitas dan inovasi para Paslon untuk memanfaatkan sarana teknologi informasi dalam menyampaikan program kerja, visi dan misi kepada masyarakat; Mendorong partisipasi masyarakat agar mau melaporkan setiap pelanggaran protokol kesehatan.

“Para Penegak hukum agar menindak tegas pelanggar sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya. (Diskominfo_AnrNof).

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *