Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

BPS Mura Lakukan Sensus Penduduk Lanjutan Mulai 1 September

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Murung Raya (Mura) akan melanjutkan sensus penduduk secara langsung mulai September 2020. Hal ini dilakukan setelah sensus penduduk online resmi berakhir pada 29 Mei lalu, sehingga penduduk yang belum berpartisipasi akan tetap didata, apalagi sensus online kemarin hanya tercover sebantak 6 %.

Kepala BPS Kabupaten Murung Raya Mulya setiawan menjelaskan, meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, BPS Murung Raya akan melaksanakan SP 2020. “BPS Mura akan menyelenggarakan Sensus Penduduk (SP) 2020 secara langsung pada 1 sampai 15 September mendatang sebagai tahap lanjutan dari SP online,” jelasnya.

“Karena Sensus Penduduk adalah tugas pokok kami, sehingga dengan segala keterbatasan yang ada, tetap akan kami laksanakan,” ungkapnya. Rabu (26/8/2020).

Lebih lanjut kepala BPS Kab. Murung Raya Mulya Setiawan menjelaskan “Pendataannya tidak secara wawancara, Petugas sensus menyebarkan kuesioner ke warga, kemudian warga mengisi mandiri, setelah selesai petugas mengambil lagi kuesioner yang sudah diisi, Istilahnya Drop Off Pick Up (DOPU),” tuturnya.

Untuk melaksanakan SP 2020, BPS Murung Raya akan menerjunkan 90 orang petugas yang terdiri dari 80 orang petugas sensus serta 10 orang koordinator kecamatan.

“Kami akan menerjunkan petugas yang saat ini sudah kami rekrut sejumlah 80 orang petugas sensus ditambah 10 orang koordinator sensus di kecamatan,” imbuh Mulya Setiawan.

Ia menjelaskan, setelah proses rekrutmen dilakukan para petugas akan pembekalan secara e learning sekarang, tidak pelatihan seperti dulu, karena covid dan penghematan anggaran dan petugas akan diterjunkan mulai 1 September mendatang. “Plus ditambah pembelajaran mandiri di TVRI dan RRI,” terang Mulya Setiawan.

“Kita mohon bantuan pendampingan dari Ketua RT dan juga masyarakat, ketika nanti ada petugas kami yang datang untuk diterima dengan baik. Sehingga kita bisa menyelesaikan sensus ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Diskominfo_AnrNof).

]]>

Populer

One Response

  1. Terima kasih atas dukungannya dalam penyebaran informasi mengenai Sensus Penduduk 2020 di Murung Raya dalam masa pandemi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *