Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Desa Tumbang Topus, Desa Paling Ujung Kabupaten Murung Raya Terendam Banjir

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Dalam rilisnya Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Murung Raya (Mura) melaporkan bahwa, intensitas hujan yang cukup tinggi mengakibatkan ketinggian air Sungai Barito di Kecamatan Sumber Barito 28 September 2020 pukul 08.00 setinggi 8,2 ,” air mulai merendam jalan lingkunan RT 10 Kelurahan Tumbang Lahung,” ujar Kariadi.

Bahkan menurut informasi Desa paling ujung Kabupaten Murung Raya (Mura) Desa Tumbang Topus Kecamatan Uut Murung, terendam banjir setelah beberapa hari ini intensitas hujan cukup tinggi. Kepala Pelaksana BPBD Kab.Mura mengatakan, banjir diakibatkan tingginya curah hujan sejak Sabtu (26/9/2020) dini hari,” Banjir terjadi akibat malam tadi curah hujan yang cukup tinggi, bukan karena luapan air sungai,” jelas Kariadi.

Sementara itu Camat Sumber Barito Indra Wijaya mengatakan kalau desa Tumbang Topus yang berada di hulu sungai barito saja terendam berarti sangat luar biasa, “Waw luar biasa ini yang kedua kali desa Tumbang Topus banjir sampai menenggelamkan jalan, rumah warga desa, terakhir kejadian tersebut terjadi pada tahun 2018,” tutur Indra yang pernah menjadi Camat Uut Murung.

Walau kejadian seperti ini sudah merupakan hal yang biasa hampir terjadi setiap curah hujan cukup lebat di daerah hulu sungai Barito. Kepala pelaksana BPBD Kariadi menghimbau warga yang berada dan tinggal di pinggir sungai barito agar tetap waspada dan hati-hati. “Dihimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, khususnya yang berada di bantaran sungai barito, apalagi hujan turun sering di malam hari.

Kariadi menyebutkan bahwa petugas BPBD saat ini terus siaga melakukan pemantauan, pendataan dan siap melaksanakan evakuasi lanjutan jika diperlukan, bantuan logistik sudah disiapkan, bila sewaktu-waktu diperlukan. (Diskominfo_AnrNof).

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *