Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Indahnya Wisata Air Terjun Bumbun, Terletak Di Kabupaten Murung Raya

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Keindahan alam Indonesia seolah tak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Maka akan sangat disayangkan jika kita tidak menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan Indonesia baik itu pantai, bukit, gunung dan lainnya. Nah, salah satu keindahan alam yang masih jarang diketahui oleh para wisatawan adalah berbagai obyek wisata yang ada di Kabupaten Murung Raya (Mura).

Secara geografis, Kabupaten Murng Raya terletak di 0°51″ Lintang Selatan – 0°47″ Lintang Utara dan 113°12″ – 115°08″ Bujur Timur. Kabupaten Murung Raya merupakan kabupaten paling utara di Provinsi Kalimantan Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini berjarak sekira 403 Kilometer dari Kota Palangkaraya melalui Kabupaten Barito Utara. Kabupaten Murung Raya memiliki topografi berupa dataran rendah, perbukitan hingga bergunung-gunung dengan ketinggian wilayah antara 15-1.910 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Sebagian besar merupakan pegunungan terutama bagian utara yang merupakan lajur Pegunungan Muller sehingga memiliki banyak puncak gunung seperti Gunung Sapathawung (1.906 m), Gunung Liyang (1.720 m), Gunung Batikap (1,580 m) dan lainnya. Kabupaten ini juga merupakan wilayah hulu daerah aliran sungai (DAS) Barito yaitu Sungai Julai dan Sungai Murung.

Salah satu objek wisata di Murung Raya yaitu air terjun Bumbun, air terjun yang tinggi puluhan meter dengan bertingkat-tingkat dan debit air yang besar tersebut selama ini menjadi salah satu wisata air terjun terindah di Kabupaten Murung Raya.

Air Terjun Bumbun

Air terjun Bumbun terletak di Desa Tumbang Olong II Kecamatan Uut Murung memiliki keindahan tersendiri, selain ketinggiannya mencapai puluhan meter, juga punya debit air yang besar didukung dengan panorama alam di sekitar yang masih asri.

Air Terjun Bumbun dengan panaroma alam yang masih asri

Pada saat ini pemanfaatan media sosial banyak ditemui melalui facebook, instagram, whatsApp, YouTube, penggunaan media sosial tersebut banyak manfaat dan keuntungan bagi masyarakat dalam mempromosikan potensi wisata baru di daerah yang belum dikenal luas. Manfaatnya antara lain dapat dengan mudah menyebarluaskan informasi daerah wisata, informasi perjalanan dan dapat menarik perhatian pengguna lainnya yang lebih banyak didukung oleh penggunaan fitur-fitur pemilik media sosial tersebut.

“Di era informasi dan teknologi seperti sekarang ini, media sosial sudah menjadi bagian sumber informasi dan referensi mencari berbagai hal, termasuk tempat wisata, media sosial bisa menjadi sarana utama mencari informasi seputar destinasi wisata khususnya di Murung Raya”, tutur Kadis Kominfo SP Kab.Murung Raya, Bimo Santoso. Minggu (16/8/2020).

Kadis Kominfo Mura, Bimo Santoso juga mengatakan, “sekarang ini, media sosial punya pengaruh besar bagi dunia pariwisata. Media sosial punya kekuatan super untuk mempengaruhi banyak orang. Mereka yang tadinya tidak tahu berubah jadi tahu dan punya keinginan untuk datang ke destinasi tersebut,” tuturnya.

Equatorial Monument atau Tugu Khatulistiwa Di Kecamatan Uut Murung

Dengan panorama alam sekitar yang masih sangat asri, tentu air terjun Bumbun bisa menjadi surganya para wisatawan baik lokal maupun asing yang datang berkunjung di Kabupaten Murung Raya. Sekitar 7 Km dari Air Terjun Bumbun ke arah utara, tepatnya di Laas, Kecamatan Uut Murung, juga terdapat Equatorial Monument atau tugu khatulistiwa yang menunjukkan bahwa daerah ini berada persis di garis khatulistiwa. (Diskominfo_AnrNof).

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *